Pelaku Usaha Teken Pakta Integritas Anti Monopoli

Dibaca: 691 kali  Kamis,12 Mei 2016 | 01:01:00 WIB

Pelaku Usaha Teken Pakta Integritas Anti Monopoli
Ket Foto : Ilustrasi

JAKARTA - Para pelaku usaha khususnya untuk bahan kebutuhan pokok dan barang penting menandatangani pakta integritas anti praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia menjaga kestabilan harga.

"Ini merupakan komitmen moral bagi para pelaku usaha untuk menghindari praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat," kata Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Syarkawi Rauf, di Jakarta, Selasa.

Syarkawi mengatakan, langkah tersebut merupakan salah satu upaya KPPU untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendorong terciptanya iklim persaingan usaha yang sehat khususnya di pasar barang kebutuhan pokok dan barang penting bagi kelancaran pembangunan nasional.

Dalam pakta integritas tersebut, meminta komitmen para pelaku usaha untuk melakukan internalisasi prinsip-prinsip persaingan usaha yang sehat, terutama dalam lingkup organisasi yang menjadi tanggungjawab masing-masing pelaku usaha tersebut.

Selain itu, tidak melakukan dan atau memfasilitasi segala bentuk perjanjian, kegiatan, dan atau penyalahgunaan posisi dominan yang dapat mengakibatkan praktik monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

"Ada fluktuasi harga yang tinggi khususnya untuk komoditas pangan menjelang puasa, kita ingin bersama-sama dengan asosiasi untuk berkomitmen tidak melakukan tindakan melanggar hukum persaingan," ujar Syarkawi.

Dalam kesempatan itu, asosiasi yang menandatangani pakta integritas adalah Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI), Asosiasi Pengusaha Bawang Putih Indonesia, Asosiasi Pedagang Beras dan Asosiasi Produsen Tepung Terigu Indonesia.

Selain itu juga Asosiasi Perdagangn Daging Sapi Seluruh Indonesia, Gabungan Perusahaan Pembibitan Unggas (GPPU), Asosiasi Agrobisnis Cabai Indonesia (AACI) Asosiasi Retail Bahan Bangunan Indonesia, Koperasi Pedagang Tahu Tempe Indonesia, Asosiasi Gula Indonesia, Asosiasi Semen Indonesia, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia dan Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia. (ant)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com