Pemerintah Telah Miliki 6.519 Data WNI yang Taruh Uang di LN

Dibaca: 717 kali  Selasa,24 Mei 2016 | 07:56:00 WIB

Pemerintah Telah Miliki 6.519 Data WNI yang Taruh Uang di LN
Ket Foto : Bambang Brodjonegoro

JAKARTA - Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, pihaknya telah memiliki identitas Warga Negara Indonesia (WNI) yang menaruh dananya di luar negeri. Pihaknya mencatat ada 6.519 orang yang menyimpan uangnya di negara tax heaven.

"Kami sudah punya 6.519 data WNI yang taruh uangnya di luar negeri," ungkap Bambang di Jakarta, Senin (23/5/2016) kemarin.

Bambang juga mengatakan, data-data tersebut meliputi nama, data paspor, nama perusahaan hingga nomor rekening dari WNI.

"Nanti pencariannya akan lebih mudah. Karena data itu masuk awalnya dari SPV (Special Purpose Vehicle) dengan rekening di bank pada negara tersebut. SPV itu pasti punya penanggung jawab, kami telusuri maka dapatlah nama dan paspornya," katanya.

Alumnus University of Illinois Amerika Serikat itu mengatakan, saat ini, nama-nama tersebut sedang diperiksa lebih lanjut oleh Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak).

Meski demikian, Bambang menyatakan tidak akan mengungkapkan datanya secara terbuka. Pihaknya akan membeberkan kepada DPR dalam rapat tertutup.

"Data akan disampaikan kepada anggota dewan hanya dalam rapat tertutup. Ini terkait dengan kerahasiaan sumber dan data dari daftar wajib pajak yang bersangkutan," pungkasnya. (rep02)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com