Nikmati Manisnya Salak Pondoh Tanah Gambut Kepulauan Meranti

Dibaca: 2593 kali  Minggu,19 Juni 2016 | 07:40:00 WIB

Nikmati Manisnya Salak Pondoh Tanah Gambut Kepulauan Meranti
Ket Foto : Kebun Salak Pondoh milik Slamet di Desa Insit, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kepulauan Meranti

TEBINGTINGGI BARAT - Jika selama ini anda mengenal salak pondoh asal Medan Sumatera Utara dan Pulau Jawa, maka Salak Pondoh yang tumbuh di lahan gambut Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, ternyata tidak kalah manisnya.
 
Bermula dari coba-coba, Slamet Hartono atau kerap disapa Pak Mamad, warga Desa Insit, Kecamatan Tebingtinggi Barat, saat ini telah menikmati manisnya buah Salak Pondoh yang ia tanam sejak tahun 1993 silam.
 
Berbekal pengetahuan ilmu pertanian dari SMK Pertanian tempatnya menuntut ilmu dulu, Slamet Hartono menanam ratusan biji benih Salak Pondoh yang didatangkan dari Pulau Jawa, di tanah belakang rumahnya.
 
Awak media merantionline.com yang mengunjungi Slamet Hartono bersama salah seorang Penasehat LAM Kepulauan Meranti, Kasam Usman, Sabtu (18/6/2016) kemarin, melihat langsung ratusan pohon Salak Pondoh yang sedang berbuah.
 
 
Saat di kebunnya, Slamet menceritakan bahwa setelah mencapai usia tanam 5 hingga 6 tahun, tanaman salak jenis pondoh miliknya mulai berbuah seperti di tempat asal benihnya diperoleh.
 
Untuk menjadikan tanaman salak ini tumbuh dengan baik hingga bisa berbuah, Slamet hanya merawat tanaman ini dengan memberikan pupuk jenis organik.
 
"Dari biji benih salak yang saya tanam, hanya pokok biji benih jantan saja yang bisa berbuah," ungkapnya.
 
Senada dengan Slamet, Kasam Usman yang mengajak awak media merantionline ke kebun salak itu juga menimpali bahwa keberadaan kebun salak ini sebelumnya pernah dikunjungi oleh Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir.
 
"Bupati Irwan pernah melihat langsung ke kesini, bahkan waktu itu Bupati sempat menyampaikan rencana pengembangan lahan budidaya salak pondoh ini secara terpadu di Kabupaten kepulauan Meranti," ujarnya. (alfan)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com