Tercium Bau Amis saat Polisi Gerebek Pabrik Bakso Tawas

Dibaca: 757 kali  Selasa,21 Juni 2016 | 02:47:00 WIB

Tercium Bau Amis saat Polisi Gerebek Pabrik Bakso Tawas
Ket Foto : Saat penggerebekan yang dilakukan Polisi

BOGOR – Anggota Tim Subdit Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri berhasil menggerebek sebuah gudang penyimpanan daging yang ada di pabrik bakso berbahan tawas.
 
Dikutip dari Warta Kota, Jumat (17/6/2016), pabrik tersebut berlokasi di Kampung Parakan Salak, Desa Kemang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor.
 
Pabrik milik CV MN tersebut diketahui ada empat gedung terpisah, salah satunya digunakan sebagai penyimpanan daging untuk membuat bakso.
 
Namun, Tim Subdit Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri beserta awak media yang meliput harus menutup hidung saat memasuki ruangan itu lantaran ruangan itu mengeluarkan aroma busuk.
 
Tak hanya busuk, gudang itu juga terdapat bercak darah di area lantai serta ribuan lalat.
 
Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Dharma Pongrekun mengatakan, pabrik bakso tersebut illegal dan sudah beroperasi sejak tahun 2012 lalu.
 
"Terlihat pabrik ini jauh dari kata higienis dan tak layak. Bau tak sedap juga tercium di gudang penyimpanan daging. Dari hasil penggeledahan, kami menemukan bahan-bahan berbahaya yakni tawas untuk pembersih dan pengawet bakso," katanya.
 
Menurut Dharma, pelaku akan dikenakan pasal pasal 71 ayat 2 tentang keamanan pangan dengan ancaman 2 tahun penjara atau denda paling banyak Rp 4 miliar.
 
Bakso tawas ini biasanya diedarkan ke pasar-pasar tradisional dan supermarket di wilayah Jabodetabek dan daerah lainnya.
 
Adapun merek bakso-bakso tersebut, diantaranya adalah Bakso Sapi Asli Poloso Bangka, Bakso Sapi Tenis Bangka Brekele, Bakso Daging Sapi Kaya Rasa & Gizi Bangka, Bakso Sapi Asli Super Polos dan Bakso Daging Sapi Bangka Tenis Urat. (rep06)
 
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com