Pengucuran ADD Terlambat, Camat: Jangan Salahkan Pemda

Dibaca: 696 kali  Kamis,23 Juni 2016 | 02:38:00 WIB

Pengucuran ADD Terlambat, Camat: Jangan Salahkan Pemda
Ket Foto : Camat Tebingtinggi, Asrorudin, memimpin Sosialisasi pemanfaatan Alokasi Dana Desa dan Dana Desa di Aula Kantor Desa Alahair, kemarin

SELATPANJANG - Camat Tebingtinggi, Asrorudin, meminta Pemerintah Desa tidak menyalahkan Pemda Kepulauan Meranti terkait lambatnya pembagian Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2016 ini. Pasalnya, ADD sangat terkait dengan kelancaran transfer dana perimbangan dari pusat ke daerah.
 
"Jangan salahkan pemda, ini kebijakan pusat. ADD dapat ditentukan setelah dilakukan transfer dana perimbangan dari pusat ke daerah," ujar Camat Asrorudin, saat membuka Sosialisasi ADD dan DD kepada Pemerintah Desa di Aula Kantor Desa Alahair, Selasa sore (21/6/2016) kemarin.
 
Kondisi keterlambatan itu, kata Asrorudin, tidak hanya dialami oleh Pemerintah Desa di Kabupaten Kepulauan Meranti, bahkan di daerah Kabupaten dan Kota lainnya di Provinsi Riau juga mengalami kondisi yang sama.
 
"Jadi jangan beranggapan pemerintah daerah tidak perduli, apalagi pada kepemimpinan bupati periode kedua ini," ucapnya.
 
Untuk melaksanakan ADD dan DD nantinya, Camat mengingatkan agar seluruh Pemerintah Desa dapat memperhatikan Petunjuk Pelaksanaan yang berlaku. Jika terdapat keragu-raguan dapat ditanyakan ke BPMPD atau Inspektorat.
 
"Kita jadi sorotan penegak hukum. Laksanakan sesuai aturan yang ada. Kalau mau makan banyak jangan dari situ, jadilah pengusaha atau cari dari sumber lain," ingatnya.
 
Camat Asrorudin juga menyampaikan harapan, agar dalam setiap kegiatan, khususnya kegiatan pembangunan sarana fisik dasar di desa, dapat melibatkan peran masyarakat setempat dalam bentuk swakelola.
 
Hadir juga dalam kegiatan sosialisasi itu, Kasubbid pada Bidang Pemdes BPMPD Kepulauan Meranti, Sabarudin, staf Bidang Pemdes BPMPD, Robert Saputra, Pendamping Desa, Reza Rizki Utama, para Kepala Desa, Ketua BPD dan perwakilan dari Lembaga Kemasyarakatan Desa. (rep01)

 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com