Praktik Korupsi Ancaman Nyata bagi Pancasila

Dibaca: 542 kali  Jumat,24 Juni 2016 | 12:07:00 WIB

Praktik Korupsi Ancaman Nyata bagi Pancasila
Ket Foto : Lambang Pancasila

MADIUN - Praktik korupsi yang hingga saat ini masih mendera Indonesia sejatinya menjadi ancaman nyata bagi Pancasila. Diperparah praktik tersebut kian didominasi oleh para generasi muda penerus bangsa.
 
Demikian dikatakan Ketua Forkoma PMKRI Hermawi Taslim, Kamis (23/6/2016), dalam sebuah seminar bertajuk "Upaya Mempertahankan Pancasila di Tengah Arus Modernisasi" yang digelar UNIKA Widya Mandala, di Madiun, Jawa Timur.
 
Hermawi menegaskan, bahwa praktik korupsi terus menggerus nilai-nilai Pancasila dan akan menghantarkan Indonesia menjadi negara gagal.
 
"Itulah sebabnya menurut pandangan kami, kita harus lebih serius, mencegah dan membasmi korupsi di negeri ini," ujarnya.
 
Hermawi mengatakan, urusan pemberantasan korupsi sebaiknya jangan hanya dibebankan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun, semua pihak harus berperan aktif untuk melawan praktik yang menyengsarakan rakyat Indonesia itu.
 
Menurutnya, kampus-kampus yang ada di Indonesia bisa menjadi wadah strategis untuk memberikan pendidikan mengenai antikorupsi. "Kita semua bahu membahu harus berperan aktif untuk memastikan bahwa ke depan, korupsi di negara ini betul-betul terkikis habis," ujarnya.
 
Peran serta semua pihak dalam pemberantasan korupsi, kata Hermawi, akan sangat membantu. Apalagi saat ini penegakan hukum di Tanah Air sedang berada di bawah titik nadir. Belum lagi ditambah kemauan politik untuk membenahi institusi penegak hukum seperti Polri, kejaksaan, kepolisian, termasuk advokat.
 
"Sejumlah operasi tangkap tangan (OTT) KPK menunjukan bahwa hukum ternyata bisa dinegosiasikan, keadilan bisa dibeli dan keputusan-keputusan hakim bisa menjadi alat tawar menawar yang penuh transaksional. Dan pelaku utama dalam berbagai OTT yang terungkap itu justru para aparat penegak hukum, tidak terkecuali oknum-oknum pengacara," pungkasnya. (okz/rep04)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com