Sebelum Berlayar dari Pekanbaru, Nakhoda Kapal Diminta Tes Urine

Dibaca: 734 kali  Senin,27 Juni 2016 | 06:06:00 WIB

Sebelum Berlayar dari Pekanbaru, Nakhoda Kapal Diminta Tes Urine
Ket Foto : Aktivitas naik turun penumpang di dermaga pelabuhan sungai duku Pekanbaru

PEKANBARU - Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru ingin memastikan pelayanan arus mudik lebaran tahun ini berjalan baik dan lancar. Upaya yang dilakukan yakni bekerjasama dengan BNN Kota Pekanbaru untuk melakukan tes urine para nakhoda kapal.
 
Kadishub Kota Pekanbaru, Arifin Harapan, Senin (27/6/2016) di Pekanbaru mengatakan, kerjasama dengan BNN untuk meningkatkan sinergitas dalam menciptakan keamanan dan kenyamanan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya penumpang kapal.
 
"Untuk itu Dishub perlu mengupayakan ada koordinasi bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Pekanbaru," ujarnya.
 
Setiap Nakhoda Kapal yang akan berlayar, diharapkan dapat mengikuti tes urine sebelum mereka membawa penumpang. Ini sebagai bentuk pencegahan terhadap adanya kemungkinan buruk yang terjadi saat kapal berlayar.
 
"Kita harapkan nanti dengan adanya kerja sama dengan BNN Kota, setiap nahkoda harus tes urine. Jangan sampai ada nahkoda yang mengonsumsi narkoba karena itu bisa membahayakan nyawa orang banyak. Ini sebagai usaha pencegahan," sambung Arifin.
 
Bagi yang terbukti menggunakan narkoba, akan ada sanksi tegas yang diberikan kepada mereka. "Bagi yang kedapatan mengonsumsi nanti BNN akan menindaklanjutinya," kata Arifin.
 
Selain koordinasi dengan BNN, Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru juga melakukan pemantauan terhadap aktivitas penumpang dan anak buah kapal (ABK) di Pelabuhan Sungai Duku, Pekanbaru lewat CCTV.
 
Ini juga dilakukan untuk mengantisipasi berbagai hal terkait keamanan dan kelancaran pemudik yang datang dan yang bepergian ke kampung halaman.
 
Disamping upaya pemasangan peralatan CCTV, untuk kawasan pelabuhan juga didirikan Posko Mudik Lebaran yang nantinya akan dijaga oleh tim gabungan.
 
"Posko mudik lebaran di Pelabuhan Sungai Duku sudah selesai dan bisa diaktifkan," tutup Kadishub Pekanbaru, Arifin Harapan. (mcr/rep04)
 
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com