Waspadai Beredarnya Minuman Kaleng Ilegal di Riau

Dibaca: 656 kali  Selasa,28 Juni 2016 | 08:02:00 WIB

Waspadai Beredarnya Minuman Kaleng Ilegal di Riau
Ket Foto : ilustrasi

PEKANBARU - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru melakukan sidak untuk mengantisiasi beredarnya minuman kaleng yang tidak layak komsumsi jelang lebaran ini.
 
"Sudah menjadi tradisi, setiap mau masuk lebaran, Pekanbaru ini dibajiri minuman kaleng dengan berbagai merek. Supaya bisa terkendali, maka kita akan segera melakukan pengawasan," kata Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kota Pekanbaru, Mas Irba H Sulaiman, kepada wartawan di Pekanbaru.
 
Pihaknya akan melakukan sidak ke sejumlah gudang dan distributor minuman kaleng di Pekanbaru. Selain mengecek merek dan label minuman kaleng, Sidak kali ini dilakukan juga untuk mengetahui dari mana saja minuman kaleng tersebut masuk ke Pekanbaru.
 
"Sebagian besar pasokan minuman kaleng memang dari Tanjung Balai Karimun dan Malaysia, ini yang harus kita awasi. Ada izinnya atau tidak," sebutnya.
 
Menurut keterangan Irba, minuman kaleng yang diimpor dari luar negeri harus tertera kodel ML dan MD. Kode ini biasa dicantumkan disisi bawah botol tepat di sampang barcode.
 
"Kalau masyarakat menemukan ada minuman kaleng yang berasal dari luar negeri dan tidak ada kode MD dan ML maka kami mengimbau agar jangan membelinya. Sebab minuman kelang yang tidak ada kode tersebut belum terdaftar izin edaranya di negara kita, dan belum melalui uji, apakah layak komsumsi atau tidak," bebernya.
 
Pihaknya juga akan segera berkoordinasi dengan pihak BPOM untuk meminta daftar nama-nama minuman kaleng terbaru yang sudah terdaftar di BPOM. Dengan daftar tersebut maka pihaknya bisa melakukan pengawasan di lapangan.
 
"Jelang lebaran biasa muncul merek-merek baru. Inilah yang nanti akan kita awasi," ujarnya. (mcr/rep04)
 
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com