Mengejutkan, Vaksin Palsu Beredar di Riau

Dibaca: 542 kali  Selasa,28 Juni 2016 | 08:09:00 WIB

Mengejutkan, Vaksin Palsu Beredar di Riau
Ket Foto : ilustrasi

PEKANBARU - Setelah peredaran vaksin palsu yang menggemparkan masyarakat pulau jawa, seperti Yogyakarta, Semarang, Banten, Jawa Barat. Kini kabar soal peredaran vaksin palsu mulai mengejutkan masyarakat Riau.
 
Kondisi ini perlu diusut tuntas oleh pihak terkait hingga sampai pemberikan sanksi kepada pelakunya.
 
Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau mengaku belum mengetahui secara pasti perihal jenis dan banyaknya tangkapan vaksin palsu yang beredar di Riau oleh Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Pekanbaru.
 
"Koordinasi sudah, tetapi informasi resminya belum saya terima. Soal berapa banyak (penemuan,red) tanyakan ke BBPOM. Kalau ada temuan, penyidikan itu tugas BBPOM. Memang harus melakukan koordinasi terkait melacak pedagang besar farmasinya," ungkap Kadiskes Provinsi Riau, Andra Sjafril, Senin (27/6/2016) di Pekanbaru.
 
Ia menjelaskan, untuk urusan pembinaan ke masyarakat dan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) barulah menjadi tanggungjawab Diskes. Bahkan ketika ditanya jenis vaksin palsu apa yang ditemukan di Pekanbaru, ia mengaku tidak tahu dengan dalih belum mendapat informasi lengkapnya.
 
"Harus dengan beliau (BBPOM), saya belum dapat info (jenis vaksin palsu, red). Untuk waspada, kami imbau kepada masyarakat agar bayinya diimunisasi ke Posyandu atau Puskesmas yang terjamin dari distributor resmi," tutupnya. (mcr/rep02)
 
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com