Presiden: Segera Mulai Pembangunan Infrastruktur di Natuna

Dibaca: 1200 kali  Kamis,30 Juni 2016 | 06:23:00 WIB

Presiden: Segera Mulai Pembangunan Infrastruktur di Natuna
Ket Foto : Peta Kepulauan Natuna, Provinsi Kepulauan Riau

JAKARTA - Pemerintah Indonesia tengah menyoroti pengembangan ekonomi di kawasan pesisir Nusantara, khususnya Pulau Natuna, Kepulauan Riau.
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas (ratas), menginstruksikan kepada pihak terkait untuk segera memulai pembangunan infrastruktur. Hal ini harus dilakukan untuk mendukung pertahanan, sebagai bagian dari upaya mempertahankan potensi ekonomi.
 
"Beberapa Infrastruktur yang perlu dibangun, diperbaiki juga segera perlu dimulai," kata Jokowi dalam Ratas di Kantor Presiden, Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (29/6/2016).
 
Selain itu, untuk menjaga pertahanan dan kedaulatan negara, TNI Angkatan Laut beserta Badan Keamanan Laut (Bakamla) untuk memperketat pengawasan.
 
"Di sektor pertahanan untuk menjaga sumber daya alam kita, menjaga kedaulatan kita, Natuna sebagai pulau terdepan, di dalam rapat terbatas lalu sudah saya perintahkan TNI khususnya AL, Bakamla, meningkatkan patroli dan penjagaan di kawasan Natuna," jelas dia.
 
Sebelumnya, Presiden dan sejumlah petinggi negara sudah melaksanakan ratas membahas hal yang sama, Kamis 23 Juni 2016, di atas KRI Imam Bonjol 383 yang berlayar di perairan Natuna.
 
Pulau Natuna, berada di utara Indonesia dan berbatasan dengan sejumlah negara tetangga, diyakini memiliki potensi kemaritiman yang besar. Namun, potensi yang besar tersebut belum mampu dikelola dengan baik.
 
"Saya dapat laporan bahwa produksi di sektor kelautan dan perikanan di Natuna hanya sebesar 8,9 persen dari potensi yang kita miliki. Ini perlu didorong dan dipercepat sehingga bisa datangkan manfaat bagi kita," ujar Jokowi. (okz/rep06)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com