Jelang Lebaran, BKAD Tebingtinggi Salurkan Bantuan Rumah Tangga Miskin

Dibaca: 730 kali  Jumat,01 Juli 2016 | 07:46:00 WIB

Jelang Lebaran, BKAD Tebingtinggi Salurkan Bantuan Rumah Tangga Miskin
Ket Foto : Foto bersama pengurus BKAD Kecamatan Tebingtinggi dengan unit-unit kerja Pelaksana dan Pengawas, usai MAD Pj lalu

SELATPANJANG - Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah kurang sepekan lagi. Momen dalam bulan Ramadhan ini dimanfaatkan oleh Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Tebingtinggi, Kepulauan Meranti, untuk menyalurkan alokasi dana bantuan bagi Rumah Tangga Miskin (RTM).
 
Sekretaris Unit Pelaksana Kegiatan (UPK) pada BKAD Kecamatan Tebingtinggi, Abdul Gafur mengungkapkan, penyaluran alokasi dana bantuan RTM dilakukan di 5 Desa dan 4 Kelurahan yang ada di Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti.
 
"Kita sudah salurkan sejak tanggal 17 Juni lalu, yakni di Desa Alahair Timur, Alahair, Sesap, Banglas Barat, Kelurahan Selatpanjang Kota, Selatpanjang Timur, Selatpanjang Barat, Selatpanjang Selatan dan terakhir akan disalurkan di Desa Banglas," ungkapnya, di Kantor BKAD Tebingtinggi, Jalan Dorak Selatpanjang, Jumat (1/7/2016).
 
 
Gafur didampingi Bendahara UPK, Zarina SPd menerangkan, alokasi dana bantuan untuk rumah tangga miskin itu diperoleh dari surplus atau keuntungan pengelolaan dana Simpan Pinjam Perempuan (SPP) Tahun Anggaran 2015 lalu.
 
Berdasarkan dari persetujuan Musyawarah Antar Desa (MAD) tentang Pertanggungjawaban Tahun 2015 yang digelar oleh BKAD Kecamatan Tebingtinggi pada bulan Februari 2016 lalu, dana bantuan RTM dialokasikan sebesar 15 persen dari total surplus tahun 2015.
 
"Jumlah dana bantuan RTM tahun ini sebesar Rp 34.200.000 yang disalurkan untuk rumah tangga miskin di 5 Desa dan 4 Kelurahan. Masing-masing desa dan kelurahan mendapat alokasi bantuan Rp 3,8 juta," rinci Gafur.
 
 
Mekanisme penyalurannya, Pemerintah Desa/Kelurahan mengundang masyarakat rumah tangga miskin dalam sebuah pertemuan atau diserahkan langsung ke rumah para penerima oleh Kepala Desa/Lurah didampingi pengurus BKAD beserta unit-unit kerjanya.
 
Nama-nama penerima dan jumlah uang bantuan yang diserahkan kepada masing-masing RTM, jelasnya, ditentukan atas kebijakan Kepala Desa dan Lurah.
 
"Ada desa yang memberikan masing-masing RTM 300 ribu rupiah, 200 ribu rupiah dan juga 100 ribu rupiah, tergantung kebijakan Kepala Desa atau Lurahnya masing-masing," jelas Gafur. (rep01)
 
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com