Fakta Menarik Jerman Vs Italia di 8 Besar Piala Eropa

Dibaca: 727 kali  Sabtu,02 Juli 2016 | 01:34:00 WIB

Fakta Menarik Jerman Vs Italia di 8 Besar Piala Eropa
Ket Foto : ilustrasi

BORDEAUX - Final kepagian akan terjadi dalam pertandingan ketiga babak delapan besar Piala Eropa 2016, karena mempertemukan dua favorit juara yakni Jerman dan Italia. Pada Minggu (3/7/2016) dinihari nanti, keduanya bertemu di Stade Matmut-Atlantique, Bordeaux.
 
Jerman bakal tampil dengan kekuatan penuh setelah bek Jerome Boateng, Julian Draxler, dan Sami Khedira menjalani pemulihan cedera ringan. Sementara Italia tak bisa menurunkan Danielle de Rossi yang cedera paha saat melawan Spanyol di fase knock-out.
 
Di atas kertas, Italia punya rekor bagus dalam delapan pertemuan mereka di turnamen besar karena tak pernah kalah. Namun, Die Mannschaft yang datang dengan gelar juara Piala Dunia 2014 tidak bakal melihat rekor tersebut.
 
Banyak data dan fakta menarik yang tercipta jelang bentrokan Jerman vs Italia ini. Mulai dari perjalanan mereka di Piala Eropa sebelumnya, sampai rekor individu pemain yang berlaga nanti. Berikut ulasannya.
 
1. Jerman selalu mencapai semifinal dalam lima turnamen terakhir yang mereka ikuti. Die Mannschaft sempat gagal di penyisihan grup pada Piala Eropa 2004.
 
2. Italia menjaga gawangnya 19 kali tanpa kebobolan (cleansheet) dalam 37 pertandingan di putaran final Kejuaraan Eropa, paling banyak dari negara manapun dalam sejarah turnamen. Jerman di bawah mereka lewat 18 kali cleansheet dari 47 partai.
 
3. Jerman telah memenangi 14 dari 17 laga kompetitif, dua kali imbang, dan sekali kalah. Mereka kalah 1-2 di tangan Italia dalam semifinal Euro 2012 di National Stadium Warsaw, Polandia.
 
4. Italia sudah memenagi tiga pertandingan terakhir di Piala Eropa 2016. Ini adalah pencapaian terbaik mereka (tidak termasuk adu penalti) di turnamen sejak Euro 2000. 16 tahun lalu, mereka bisa menang empat kali.
 
5. Jerman satu-satunya tim yang belum kebobolan di Piala Eropa 2016. Pencapaian ini mengingatkan kita pada Piala Dunia 1978. Itulah pertama kalinya mereka bisa menjaga cleansheet pada empat partai awal di turnamen besar.
 
6. Pada penyisihan grup Piala Dunia 1998, Italia bermain imbang 2-2 di Bordeaux melawan Chile. (lip6/rep04)
 
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com