Menag Siapkan Universitas Islam Internasional Indonesia

Dibaca: 569 kali  Jumat,15 Juli 2016 | 11:34:00 WIB

Menag Siapkan Universitas Islam Internasional Indonesia
Ket Foto : Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin

JAKARTA – Presiden Joko Widodo baru saja menandatangani peraturan presiden (Perpres) Nomor 57 tahun 2016 tentang pendirian Universitas Islam Internasional Indonesia.
 
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, pihaknya kini tengah menindaklanjuti peraturan tersebut dengan berbagai upaya persiapan.
 
"Dengan terbitnya Perpres ini, maka kami di Kementerian Agama terus menindaklanjutinya dengan membuat naskah akademiknya, lalu kemudian bagaimana mengimplementasikan isi dari Perpres itu," kata Lukman di kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (15/7/2016).
 
Lukman menjelaskan, universitas yang dimaksud nantinya hanya akan menampung mahasiswa S-2 dan S-3. Sementara untuk jenjang S-1 sudah dapat diwadahi di perguruan tinggi Islam yang selama ini ada.
 
Selain itu, kata dia, 75 persen mahasiswa berasal dari luar negeri. Hal ini sekaligus juga untuk memperkenalkan nilai-nilai Islam yang berkembang di Indonesia.
 
"Ketika nanti mereka kembali ke tanah airnya masing-masing, mereka bisa menjelaskan nilai-nilai Islam yang berkembang di Indonesia," ungkap dia, sebagaimana dilansir okezone.
 
Lebih lanjut, untuk lokasi universitas, Lukman memproyeksikan letaknya tidak jauh dari Ibu Kota Jakarta.
 
"Ini kami sedang menyusun tidak hanya naskah akademiknya, tetapi juga pengorganisasiannya. Dan kapan operasionalisasi dari universitas, ini yang sedang terus didalami. Termasuk lokasinya, kami ingin tidak terlalu jauh dari pusat ibu kota, dari Jakarta, ini yang sedang kami persiapkan," papar Lukman. (rep05)
 
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com