Kemen LHK Terus Usut Perusahaan Perusak Lingkungan di Riau

Dibaca: 677 kali  Sabtu,23 Juli 2016 | 03:19:00 WIB

Kemen LHK Terus Usut Perusahaan Perusak Lingkungan di Riau
Ket Foto : Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar

SIAK SRI INDRAPURA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar akan terus mengusut siapa saja pihak yang terlibat secara sengaja membakar hutan di Riau. Sejauh ini Ia menyebut ada dua perusahaan yang tengah disidik karena diduga membakar hutan secara sengaja.

"Untuk pidana pada saat ini ada dua perusahaan sedang disidik oleh PPNS (Penyidik Pegawai Negeri Sipil) KLHK di Riau yaitu PT. HSL dan PT. TFDI. Ada dua perusahaan di Riau yang sedang dalam gugatan perdata yaitu PT. JJP dan PT. NSP menunggu putusan PN (Pengadilan Negeri)," ujar Siti Nurbaya di Siak Sri Indrapura, Jumat (22/7/2016) malam.

Dalam penegakan hukum kebakaran hutan 2015, Siti mengatakan, Kementerian LHK akan fokus kepada penegakan hukum administratif dan perdata.

"Pihak Polda (Riau) fokus ke pidana dan (kami) mendukung serta memfasilitasi penyidikan oleh Polda," kata Siti Nurbaya.

Ia menambahkan, proses penegakan hukum berkaitan dengan kebakaran hutan tidak mudah, terutama terkait dengan proses pembuktiannya.

"Khususnya yang tidak tangkap tangan. Untuk itu membutuhkan waktu yang cukup lama dan dukungan ahli untuk memastikan bahwa kegiatan pembakaran hutan dilakukan secara sengaja dan kelalaian," ungkapnya.

Dikatakan dia, pihak kepolisian dan PPNS KLHK berdasarkan undang-undang mempunyai kewenangan untuk melakukan penyidikan maupun untuk melakukan penghentian penyidikan.

"Kami menghormati keputusan Polda. Kami juga siap untuk membantu dan berkoordinasi dengan Polda untuk menindaklanjuti proses penegakan hukum berkaitan dengan kebakaran hutan dan lahan guna memberikan efek jera bagi pelaku kebakaran hutan dan lahan," paparnya.

KLHK, jelasnya, sejauh ini terus menangani penegakan hukum untuk kebakaran hutan dan lahan terkait dengan sanksi administratif, perdata dan pidana. (rep01)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com