Ikut Arahan Wapres, Pemkab Meranti Siap Membangun Berbasis Lingkungan

Dibaca: 812 kali  Minggu,24 Juli 2016 | 05:44:00 WIB

Ikut Arahan Wapres, Pemkab Meranti Siap Membangun Berbasis Lingkungan
Ket Foto : Wakil Bupati Kepulauan Meranti, H Said Hasyim bersama Kepala Daerah lainnya saat menghadiri acara hari lingkungan hidup di Siak, Jumat

SELATPANJANG - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti bertekad untuk melaksanakan program pembangunan berbasis lingkungan, sehingga kelestarian lingkungan di daerah ini tetap terjaga untuk generasi akan datang.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Said Hasyim, menanggapi arahan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, usai menghadiri peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia tingkat Nasional di Kabupaten Siak, Jumat (22/7/2016) kemarin.

"Kita siap bahu membahu bersama masyarakat untuk mewujudkan itu. Terlebih lagi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti juga memiliki niat yang kuat untuk menjaga lingkungan dan melestarikannya," kata Wakil Bupati.

Dikatakannya, peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia yang dihadiri Wapres Jusuf Kalla di Siak kemarin, dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kepedulian bersama menjaga kelestarian Sumber Daya Alam (SDA) di Riau, khususnya di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Untuk itu, kata Wabup Said Hasyim, dirinya mengajak seluruh stakeholder dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti agar cinta lingkungan hidup dan terus berperan dalam melestarikannya.

"Mari kita ubah pola fikir kita untuk kedepannya. Jangan terjadi lagi kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) atau kegiatan yang dapat menyebabkan rusaknya lingkungan hidup di Kabupaten Kepulauan Meranti," ajak Wabup.

Pada peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia tingkat Nasional itu, Pemerintah Republik Indonesia memberikan sejumlah penghargaan kepada stakeholder pelestari lingkungan, antara lain penghargaan Kalpataru, Adipura, Nirwasita Tantra dan Adiwiyata Mandiri.

Dari Kabupaten Kepulauan Meranti, salah seorang warga Desa Sungaitohor, Kecamatan Tebingtinggi Timur, Abdul Manan dan Kepala Desa Sungaitohor, Efendi, mendapat penghargaan kategori Kalpataru, karena dinilai peduli terhadap kelestarian lingkungan lahan gambut. (rls/santo)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com