Pemkab Kepulauan Meranti Gelar Halal Bihalal Bersama Masyarakat di Pekanbaru

Dibaca: 791 kali  Senin,25 Juli 2016 | 11:22:00 WIB

Pemkab Kepulauan Meranti Gelar Halal Bihalal Bersama Masyarakat di Pekanbaru
Ket Foto : Halal Bihalal Pemkab Kepulauan Meranti bersama masyarakat di Pekanbaru

PEKANBARU - Suasana Syawal merupakan waktu yang tepat untuk saling bermaafan serta mempererat tali silahturahmi, momen itu yang dimanfaatkan Pemkab Kepulauan Meranti untuk menggelar Halal Bihalal bersama masyarakat di Hotel Furaya Pekanbaru, Minggu malam (24/7/2016).

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati H Irwan dan Wakil H Said Hasyim, Plt Sekdaprov Riau H Kasiarudin, Ketua DPRD H Fauzi Hasan, Sekda Kota Pekanbaru HM Noer, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Asep Iskandar dan para Kepala Satuan Kerja dilingkungan Pemkab Kepulauan Meranti.

Hadir juga tokoh masyarakat yang juga mantan Gubernur Riau H Wan Abu Bakar, mantan Bupati Bengkalis H Syamsurizal, H Achmad Bebas, H Azali Johan, H Fachrudin Bakar, H Sofyan Hamzah, H Asral Rachman, bersama ratusan masyarakat Pekanbaru asal Kepulauan Meranti.

 



Tokoh masyarakat Riau, H Wan Abu Bakar dalam sambutannya mengatakan, momen halal bihalal sangat tepat bagi menyempurnakan ibadah puasa untuk kembali fitrah. Momen itu dapat merajut kembali persatuan dan kesatuan, apalagi Kepulauan Meranti baru saja menuntaskan Pilkada.

"Jangan lagi mengkaji kalah menang, karena ini adalah kemenangan masyarakat Kepulauan Meranti. Mari bersatu mendukung Irwan dan Said Hasyim dalam membangun Kabupaten Kepulauan Meranti," ujar Wan Abu Bakar.

Dia mengajak seluruh masyarakat Kepulauan Meranti dimanapun berada tetap berfikiran positif terhadap pemimpin serta terus berkontribusi membangun daerah.

"Jangan ada lagi yang membuat dosa, melancarkan fitnah yang tidak mendasar, lebih baik bagaimana bersama-sama mengatasi berbagai masalah yang dihadapi Meranti, seperti mengurangi kemiskinan, pengangguran, membangun infrastruktur dan meningkatkan kualitas SDM," ucapnya.

Hal senada juga dikatakan H Fachrudin Bakar yang mengajak warga Meranti di Pekanbaru turut mensukseskan program Irwan-Said Hasyim meski sedang berada di perantauan seperti program Merangkai Pulau dan menggalakkan program pariwisata.

"Mari sukseskan program Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti. Tidak lupa pula untuk menyukseskan program Kota Pekanbaru yang menjadi tempat menetap saat ini," ujarnya.

 



Sementara Bupati Irwan didampingi Wabup Said Hasyim, berharap kegiatan Silahturahmi dan Halal-Bihalal itu dapat benar-benar membersihkan hati dan mampu merajut kembali silahturahmi antara warga Kepulauan Meranti dimanapun berada untuk bersama-sama membangun negeri.

Terkhusus dengan telah terbentuknya Perkumpulan Masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti, karena pembangunan apapun yang dilakukan tanpa didukung sinergitas keamanan, stabilitas politik, maka semua yang dilakukan tidak akan berjalan dengan baik.

"Melalui momen ini mari kita saling memaafkan dan kembali merajut kekompakan untuk bersama-sama membangun Kepulauan Meranti lebih baik lagi kedepan," ucap Irwan.

Labih jauh dijelaskan Irwan, saat ini Kabupaten Kepulauan Meranti sedang berada dalam tekanan ekonomi yang cukup berat, menyebabkan meningkatnya angka kemiskinan, meski secara statistik tingkat ekonomi Meranti masih diatas rata-rata Riau.

"Oleh karena itu dibutuhkan kerja keras dari semua pihak dan dukungan dari seluruh masyarakat baik menyumbangkan fikiran maupun tenaga. Saya berharap sumbangan pemikiran dari seluruh masyarakat Meranti," harapnya.

 



Seperti diketahui, lanjutnya, saat Meranti berdiri angka kemiskinan mencapai 43 persen, dan setelah 7 tahun seperti yang terungkap dalam laporan RPJMD lalu, angka kemiskinan telah turun menjadi 32 persen di tahun 2015.

"Ini masalah berat meski pengurangan cukup signifikan namun masih tercatat tertinggi di Provinsi Riau dan Meranti butuh dukungan khususnya dari APBD Pemerintah Provinsi Riau," jelas Irwan.

Akhir kata Bupati Irwan mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Riau yang telah mendukung Kepulauan Meranti lewat alokasi APBD yang cukup besar, ia berharap kedepan dapat ditingkatkan lagi karena Meranti sangat butuh dukungan anggaran, terlebih lagi dengan terjadinya rasionalisasi APBD.

 



Hal itu mendapat tanggapan positif dari Plt Sekdaprov Riau, H Kasiarudin yang mengatakan tantangan yang dihadapi Meranti merupakan tantangan Provinsi Riau, untuk itu akan dituntaskan bersama-sama. "Mari kita hadapi tantangan itu untuk bersama-sama menungaskannya," ucapnya.

Sebelumnya, pada kesempatan itu dilakukan Pelantikan Pengurus Perkumpulan Masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti 2016-2021 oleh Bupati Irwan yang diketuai H Wan Abu Bakar dan Sekretaris Edi Sofyan beserta pengurus lainnya.

Acara Halal-Bihalal Pemkab Kepulauan Meranti ditutup dengan acara saling bersalam-salaman dan bermaafan antara masyarakat yang hadir bersama Bupati dan Wakil Bupati, tokoh masyarakat dan Forkopimda yang berlangsung khidmat. (adv)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com