BNN Soal Operasi di Tanjungpinang: BB Sabu 71 Kg dan Ekstasi 120 Ribu Butir

Dibaca: 822 kali  Jumat,05 Agustus 2016 | 01:25:00 WIB

BNN Soal Operasi di Tanjungpinang: BB Sabu 71 Kg dan Ekstasi 120 Ribu Butir
Ket Foto : Barang Bukti Narkoba

TANJUNGPINANG - Sebuah bengkel di Jalan Gatot Subroto, Kota Tanjungpinang, digerebek personel BNNK Tanjungpinang dan BNNP Kepulauan Riau (Kepri). Awalnya diperkirakan ada sabu 90 sampai 100 kg, ternyata jumlahnya 71 kg.

"Total 71 kilogram dan ekstasi 120 ribu butir," kata Deputi Bidang Pemberantasan BNN, Irjen Arman Depari, di kantor BNNK Tanjungpinang, Jalan Daeng Kamboja, Senggarang, Tanjungpinang, Jumat (5/8/2016), dilansir dari detik.

Barang bukti tersebut disimpan di 4 ban mobil. Berdasarkan interogasi, barang haram tersebut berasal dari Malaysia. "Jaringan Malaysia, pusatnya di Johor Bahru," kata Arman didampingi pejabat BNNP Kepri dan BNNK Tanjungpinang.

"Barang masuk melalui Kabupaten Karimun, tepatnya Pulau Sugi. Kemudian diedarkan di Batam, Kepri, dan Riau," tambah mantan Kapolda Kepri ini.

Tiga orang diamankan dalam kasus ini. 1 akhirnya tewas karena berusaha kabur dengan melompat dari lantai 3, sedangkan 2 lainnya ditangkap tanpa perlawanan.

"Bandar sabu berinisial Sur tewas di RSUD Tanjungpinang. Dia sempat mendapatkan perawatan selama 5 jam, namun nyawanya tak tertolong. Karena lukanya serius sehingga meninggal dunia," kata Arman Depari.

Sur meloncat dari lantai 3 ruko saat penggerebekan dilakukan, Kamis (4/8) kemarin. Tubuhnya menghantam atap seng dan besi.

Arman menjelaskan operasi dilakukan untuk memutus jaringan narkoba internasional. Dua tersangka lain yang diamankan adalah ED dan ID. Saat ini keduanya masih diperiksa.

Sementara barang bukti berupa sabu 71 kg dan ekstasi 120 ribu butir. Barang haram tersebut disimpan di ban mobil bekas. Berdasarkan pengakuan ED dan ID, narkoba dibawa dari Johor Bahru, Malaysia kemudian dibawa ke Pulau Sugi, dan masuk ke Kota Tanjungpinang.

Selain narkoba, polisi mengamankan mobil Suzuki Escudo bernopol BM 1463 JL dan Daihatsu Taft bernopol BM 1649 NM. (rep01)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com