Tekan Konflik SARA, Bhabinkamtibmas Diminta Aktif

Dibaca: 745 kali  Selasa,16 Agustus 2016 | 03:44:00 WIB

Tekan Konflik SARA, Bhabinkamtibmas Diminta Aktif
Ket Foto : ilustrasi

PEKANBARU - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau, Brigjen Pol Supriyanto, mengimbau masyarakat di wilayah hukumnya tidak terpancing atas isu-isu berbau Suku, Agama dan Ras (SARA).

Salah satu upaya untuk menekan konflik tersebut antara lain dengan mengoptimalkan peran Bhabinkamtibmas di tengah-tengah masyarakat.

"Kapolda mengintruksikan, Bhabinkamtibmas dapat berperan aktif. Sehingga dapat menciptakan suasana yang kondusif, dan nyaman bagi masyarakat untuk beraktivitas," jelas Kepala Bidang Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo SIK, akhir pekan lalu.

Hal ini sesuai dengan tugas pokok polisi (tupoksi) sebagai pelindung, penganyom dan pelayan masyarakat. "Polri sebagai mitra masyarakat, harus selalu hadir di tengah-tengah masyarakat," tambahnya.

Selain itu, Kapolda Riau juga memberikan imbauan kepada seluruh elemen di masyarakat. Termasuk kepada para tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh budayawan bersama-sama dapat menciptakan program atau kegiatan untuk mengantisipasinya.

"Untuk mengantisipasinya Kapolda merasa perlu mengajak masyarakat Riau. Agar dapat menghargai perbedaan satu sama lain," ujarnya lagi. (rep01)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com