Gawat! 135 Hotspot Terpantau se-Riau, 5 di Meranti dalam Areal HTI

Dibaca: 816 kali  Rabu,17 Agustus 2016 | 03:58:00 WIB

Gawat! 135 Hotspot Terpantau se-Riau, 5 di Meranti dalam Areal HTI
Ket Foto : 135 hotspot terpantau se-Provinsi Riau pada Rabu (17-8-2016) dini hari

SELATPANJANG - Kebakaran lahan dan hutan semakin menggila. Pada Rabu (17/8/2016) dini hari sekira pukul 02.30 WIB, terpantau sebanyak 135 hotspot di hampir seluruh wilayah Kabupaten se-Provinsi Riau.

Khusus di Kabupaten Kepulauan Meranti saja terdapat sebanyak 9 hotspot, dimana 5 diantaranya berada ditengah areal izin konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI) akasia milik PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) di Desa Lukit, Kecamatan Merbau.

Pantauan merantionline.com melalui satelit LAPAN, 9 hotspot di Kepulauan Meranti seluruhnya berada di wilayah Kecamatan Merbau. Sedangkan titik api yang sebelumnya sempat ada di Kecamatan Rangsang Pesisir sudah padam dan tidak terpantau lagi.

Berdasarkan data satelit itu, 5 titik panas di dalam areal HTI PT RAPP memiliki tingkat confidence yang sangat meyakinkan. Kobaran api diyakini cukup besar karena memiliki tingkat confidence diatas 100 persen.

Sementara itu 4 titik panas (hotspot) lainnya yang masih berada di Kecamatan Merbau memiliki tingkat confidence yang berbeda. 2 buah titik panas confidence diatas 70 persen dan 2 titik panas lagi diatas 50 persen.

Saat berita ini dirilis Rabu dini hari, belum ada pihak berwenang yang dapat dikonfirmasi terkait kondisi kebakaran lahan dan hutan yang terpantau melalui satelit tersebut. (santo)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com