Dinding Turap Ambruk, Jalan Utama Alahair Terancam Runtuh

Dibaca: 916 kali  Selasa,13 September 2016 | 10:28:00 WIB

Dinding Turap Ambruk, Jalan Utama Alahair Terancam Runtuh
Ket Foto : Kondisi turap yang ambrol di jalan utama Desa Alahair Timur, Kecamatan Tebingtinggi, Kepulauan Meranti

SELATPANJANG - Dinding turap jalan utama disisi Desa Alahair Timur, Kecamatan Tebingtinggi Kepulauan Meranti telah runtuh. Kondisi itu mengancam kerusakan jalan hotmix yang membentang diatasnya bila tidak segera diperbaiki.

Nurbet (56 tahun), salah seorang warga yang bermukim tidak jauh dari lokasi itu mengatakan, seharusnya kerusakan yang terjadi bisa segera ditanggulangi, sebelum kondisi kerusakan menjadi lebih parah sampai ke badan jalan hotmix.

Dikatakannya, meski turap yang runtuh baru sekitar 10 meter, namun dampak kerusakan terhadap badan jalan akan sangat berarti. Pasalnya, jika dimusim hujan deras atau air laut pasang, maka genangan air di parit bisa merusak badan jalan.

"Saat ini kondisi badan jalan sudah mulai miring. Seharusnya ini cepat diperhatikan oleh Pemerintah Desa. Untuk merehab bisa saja menggunakan alokasi dana desa yang ada. Tidak harus menunggu Pemda," sarannya.

Pantauan merantionline.com, Selasa (13/9/2016), akibat runtuhnya tanah pada turap itu, saat ini jarak parit ke badan jalan hotmix hanya kurang dari 1 meter.

Parit saluran air yang semula hanya berukuran 1 meter, kini jadi menganga lebar hampir mencapai 3 meter, karena dinding turap yang sudah hancur dan ambrol, sehingga parit tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik, apalagi disaat tergenangnya air.

Senada dengan Nurbet, sejumlah warga sekitar juga mengharapkan adanya perhatian dari pihak yang memiliki kewenangan terkait dengan kondisi kerusakan turap tersebut, agar dapat segera ditanggulangi. (alfan)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com