Hebat! Swadaya Warga Bangun Jembatan Pelabuhan Senilai Rp1,3 Miliar

Dibaca: 1636 kali  Senin,19 September 2016 | 03:41:00 WIB

Hebat! Swadaya Warga Bangun Jembatan Pelabuhan Senilai Rp1,3 Miliar
Ket Foto : Kepala Desa Telesung, Kecamatan Rangsang Pesisir, Syamsudin, meninjau pekerja jembatan pelabuhan dari dana swadaya masyarakat

RANGSANG PESISIR - Kekompakan warga Desa Telesung, Kecamatan Rangsang Pesisir, Kepulauan Meranti, Riau patut dicontoh. Dari dana swadaya bersama sejak tahun 2015 lalu, warga setempat berhasil membangun jembatan beton Pelabuhan senilai Rp 1,3 Miliar.

Kepala Desa Telesung, Syamsudin, yang dikonfirmasi merantionline.com tentang pembangunan jembatan pelabuhan itu mengatakan, dirinya sangat bersyukur adanya kekompakan dan peranserta masyarakat dalam pembangunan infrastruktur dasar itu.

"Jembatan ini memiliki lebar 3 meter dan panjang 400 meter, dengan ketebalan beton 15 centimeter. Jumlah dana dan material yang sudah digunakan mencapai Rp 1,3 Miliar, semuanya berasal dari swadaya masyarakat," ungkap Kades, Senin (19/9/2016).

Dikatakannya, keberadaan jembatan pelabuhan sangat dibutuhkan oleh masyarakat Desa Telesung, karena setiap harinya masyarakat melakukan kegiatan bongkar muat barang dan hasil tangkap nelayan melalui jembatan pelabuhan.

"Ini untuk memudahkan aktifitas masyarakat, sehingga kapal angkut barang dan kapal nelayan bisa bersandar. Masyarakat sangat lega, karena setelah dibangunnya jembatan pelabuhan ini bisa beraktifitas tanpa hambatan," ucapnya.

Kades menjelaskan, pembangunan itu berawal dari musyawarah masyarakat Desa pada tahun 2015 lalu. Saat itu diputuskan kerjasama mengumpulkan bantuan swadaya berupa material bangunan seperti semen, batu, pasir, besi dan uang untuk menggaji para pekerja.

"Koordinatornya Pak Akeng dan saya jadi pengawasnya. Alhamdulillah pembangunannya berjalan sesuai dengan harapan masyarakat," ucap Kades Syamsudin. (santo)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com