Riau Gelar Gerakan Makan Sagu di Hari Pangan Dunia

Dibaca: 996 kali  Selasa,27 September 2016 | 01:51:00 WIB

Riau Gelar Gerakan Makan Sagu di Hari Pangan Dunia
Ket Foto : Tual batang rumbia yang akan diangkut ke pabrik untuk diolah menjadi tepung sagu

PEKANBARU - Provinsi Riau memiliki potensi produk pangan yang cukup besar. Salah satunya sagu, yang juga memiliki kualitas bagus sebagai pangan lokal.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Riau Darmansyah dalam keterangan persnya, Senin, 26 September 2016, menyatakan, meski produksi sagu daerahnya mencapai 246 ribu ton per tahun, tingkat konsumsi sagu masih belum maksimal di daerah tersebut. Saat ini hanya 10 persen dari keseluruhan produksi pangannya.

"Dengan kondisi itu, Pemerintah Provinsi Riau berencana menggelar gerakan makan sagu pada Hari Pangan Dunia, Oktober mendatang," kata Darmansyah.

Untuk implementasi program, saat ini pihaknya tengah dalam tahap penyuluhan untuk membiasakan makan sagu. Diharapkan, gerakan makan sagu akan lebih efektif diimplementasikan di tengah masyarakat.

"Insya Allah, tidak ada kendala lagi. Nantinya dijadwalkan peluncuran akan dilakukan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman. Sekaligus nanti itu ada 350 aneka produk olahan dari sagu yang dipamerkan," ucapnya.

Poin ini menjadi perhatian mengingat sagu kini dapat diolah menjadi berbagai olahan sesuai dengan kebutuhan.

Diharapkan, hal itu dapat meningkatkan jumlah konsumsi sagu di Riau, terlebih lagi ada beberapa kabupaten yang menjadi penghasil sagu, yakni Kepulauan Meranti, Indragiri Hilir dan Bengkalis. (rep02)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com