DPRD Riau Siapkan Perda Kerja Sama Daerah

Dibaca: 715 kali  Selasa,27 September 2016 | 03:16:00 WIB

DPRD Riau Siapkan Perda Kerja Sama Daerah
Ket Foto : Paripurna DPRD Riau

PEKANBARU - Melalui rapat paripurna Senin (26/9/2017), DPRD Riau membentuk pansus ranperda penyelenggaraan kerja sama daerah DPRD Riau yang diketuai Husaimi Hamidi anggota DPRD Riau dari Fraksi PPP.

Dalam rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Riau Sunaryo yang didampingi Wakil Ketua DPRD Riau Manahara Manurung tersebut, dihadiri Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi serta 44 anggota dewan lainnya.

Rapat paripurna tersebut beragendakan penyampaian pandangan kepala daerah terhadap Ranperda penyelenggaraan kerja sama daerah, dan sekaligus membentuk pansus ranperda penyelenggaraan kerja sama daerah.

Dalam pidatonya, Ahmad jihazi mengatakan, pemprov Riau mengapresiasi positif ranperda penyelenggaraan kerjasama daerah yang merupakan inisiatif komisi C itu. Karena ranperda tersebut dapat berdampak ke peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Diharapkan ranperda ini dapat mengacu pada mekainisme dan aturan yang berlaku sehingga ranperda akan bermanfaat bagi pemprov dalam melakukan kerjasama pembangunan dengan pihaklain," ungkapnya dilansir dari riaupos.

Setelah menyampaikan pandangan pemerintah tersebut, langsung membentuk pansus yang di ketuai Husaimi Hamidi. Wakil Ketua DPRD Riau Sunaryo menyebutkan, pansus tersebut akan bekerja selama 30 hari ke depan untuk menuntaskan pembahasan dan penyelesaian ranperda itu.

Dalam rapat paripurna sebelumnya, juru bicara Komisi C Yulianti menjelaskan, Raperda itu diajukan Komisi C DPRD Riau sebagai dasar bagi pemerintah daerah dalam melaksanakan kerja sama dengan berbagai pihak.

"Permasalahan yang timbul selama ini, diharapkan dapat dihindari dan diselesaikan sebagaimana diatur dalam aturan perundang-undangan yang berlaku," ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikannya, permasalahan yang dimaksud di antaranya, sinkronisasi dengan perda pola pembiayaan kerja sama pemerintah dan swasta dalam pembangunan wilayah, sinkronisasi peraturan perundangan terkait pembiayaan kerja sama pasal 18.

"Secara umum Raperda ini bertujuan untuk meningkatkan laju pertumbuhan pembangunan daerah. Secara khusus untuk meningkatkan kebersamaan dalam memecahkan permasalahan antar daerah," tuturnya. (rep02)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com