30 Hektar Lahan Terbakar di Telesung, Upaya Pemadaman Terkendala Sumber Air

Dibaca: 705 kali  Selasa,11 Oktober 2016 | 05:53:00 WIB

30 Hektar Lahan Terbakar di Telesung, Upaya Pemadaman Terkendala Sumber Air
Ket Foto : Kades Telesung Syamsudin, Kapolpos Briptu Juni dan warga setempat berupaya memadamkan api

RANGSANG PESISIR - Selasa (11/10/2016) hingga pukul 17.00 WIB luas lahan yang terbakar di Desa Telesung, Kecamatan Rangsang Pesisir, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, telah mencapai luas 30 hektar.

Kepala Desa Telesung, Syamsudin bersama Kapolpos Briptu Juni, yang dikonfirmasi merantionline.com saat mengkoordinir upaya pemadaman api menjelaskan, upaya pemadaman api menghadapi kendala sumber air dan minimnya peralatan.

Dikatakannya, kebakaran lahan itu diketahui terjadi sejak pukul 14.00 WIB, dimana api diduga berasal dari hutan teban yang berbatasan dengan Desa Bungur.

“Diduga api dari hutan teban. Kami belum dapat pastikan apakah karena puntung rokok atau sengaja dibakar. Sekarang sudah menjalar ke kebun karet dan kebun kelapa milik masyarakat. Luasnya sudah mencapai sekitar 30 hektar,” ungkap Syamsudin.

 



Hingga berita ini dirilis, upaya pemadaman api masih dilakukan Kepala Desa, Kapolpos bersama unsur RT, RW dan puluhan masyarakat setempat. Upaya pemadaman itu dilakukan seadanya karena terkendala minimnya peralatan serta sumber air.

“Saat ini lahan gambut sedang kering. Kami membutuhkan peralatan untuk menyuplai air dari tempat lain,” ujarnya. (santo)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com