Cegah Filariasis, Posyandu di Selatpanjang Bagi bagi Obat Gratis

Dibaca: 625 kali  Kamis,13 Oktober 2016 | 10:47:00 WIB

Cegah Filariasis, Posyandu di Selatpanjang Bagi bagi Obat Gratis
Ket Foto : Kegiatan Posyandu Ros Kelurahan Selatpanjang Barat di Jalan Pertis Selatpanjang

SELATPANJANG - Upaya pencegahan penyakit kaki gajah (filariasis) terus dilakukan Pemerintah hingga di tingkat pelayanan kesehatan paling bawah. Seperti yang dilakukan Posyandu di Kelurahan Selatpanjang Barat, Rabu (12/10/2016) kemarin.

Pantauan merantionline.com, kegiatan pelayanan kesehatan oleh Posyandu itu digelar di Jalan Pertis, dengan mendistribusikan obat gratis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti, melalui Puskesmas Alahair Selatpanjang.

Posyandu Bunga Ros yang di Ketuai oleh Rosmawati di Kelurahan Selatpanjang Barat membagi-bagikan obat Albendazole secara gratis kepada warga masyarakat guna mencegah menularnya penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

Marianti, petugas pendamping dari Puskesmas Alahair Selatpanjang menjelaskan obat itu diberikan kepada mereka yang berusia 2 hingga 70 tahun yang tidak dalam kondisi hamil atau sedang sakit berat.

"Pemberian obat pencegahan massal penyakit kaki gajah (Filariasis) adalah untuk mencegah penularan infeksi yang bersifat menahun disebabkan oleh cacing filaria melalui gigitan nyamuk," ungkapnya.

Dijelaskannya, adapun gejala awal tanda tanda penyakit ini, adalah mengalami demam berulang ulang 3 sampai 5 hari, demam hilang bila penderita istirahat dan muncul lagi setelah penderita bekerja berat.

"Terjadi Pembengkakan saluran getah bening sehingga terlihat bengkak di daerah lipatan paha, ketiak yang tampak kemerahan, panas dan sakit. Timbul abses (Bisul) yang bisa pecah mengeluarkan darah dan nanah. Pembesaran kaki, lengan, payudara atau buah zakar yang terlihat kemerahan dan terasa panas," rincinya.

Pada tahap lanjut atau kronis, bebernya, terjadi pembesaran menetap pada kaki, lengan, payudara, kantong buah zakar dan alat kelamin wanita.

"Perlu di ingat bahwa semua nyamuk bisa menularkan penyakit kaki gajah, seperti nyamuk rumah, nyamuk got, nyamuk hutan dan nyamuk rawa rawa," bebernya. (alfan)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com