Sesuai Kontrak Proyek Jalan Lukun-Sungaitohor Harus Tuntas 90 Hari

Dibaca: 851 kali  Jumat,21 Oktober 2016 | 08:58:00 WIB

Sesuai Kontrak Proyek Jalan Lukun-Sungaitohor Harus Tuntas 90 Hari
Ket Foto : Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi saat meninjau pembangunan badan jalan Lukun-Sungaitohor

TEBINGTINGGI TIMUR - Proyek pembangunan badan jalan antara Desa Lukun dan Desa Sungaitohor sepanjang 4,97 kilometer sedang dikerjakan. Sesuai kontrak pengerjaannya, proyek itu harus tuntas dalam waktu 90 hari.

Hal itu terungkap saat peninjauan langsung yang dilakukan Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi di lokasi pengerjaan proyek tersebut. Bupati mengingatkan agar unsur terkait bisa bekerja serius dan cepat.

"Kontraktor harus belajar dari pengalaman tahun sebelumnya sehingga pengerjaan yang dilakukan tidak keluar dari perencanaan," ingat Bupati Irwan, Kamis (20/10/2016) kemarin.

Peninjauannya ke lapangan, jelas Bupati, bertujuan untuk memastikan pembangunan jalan poros antar desa dan Kecamatan itu bisa berjalan sesuai target dan spesifikasi yang sudah ditentukan.

"Kita menginginkan masyarakat sesegera mungkin dapat merasakan manfaat dari pembangunan. Dengan peninjauan yang dilakukan, saya ingin memastikan kontraktor pelaksana proyek dapat menuntaskannya sesuai kontrak," ujar Bupati.

Sundra, kontraktor pembangunan jalan tersebut menjelaskan, sejauh ini proses pengerjaan masih sesuai target, belum ada kendala berarti baik ketersediaan material, alat berat maupun dari kondisi cuaca.

"Kita sudah mengerjakan selama satu minggu menyelesaikan penimbunan dan pengerasan sepanjang 2 kilometer, proses pengerjaan belum ada kendala," paparnya.

Bupati Irwan kemudian mengatakan, jika pengerjaan proyek sesuai target, akan turut memudahkan Pemda dalam menyusun perencanaan kelanjutan pembangunan di tahun yang akan datang.

Pembangunan Jalan Lukun-Sungaitohor merupakan salah satu prioritas Pemkab Kepulauan Meranti. Untuk menuntaskan proyek jalan sepanjang 4,97 kilometer itu, telah dianggarkan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 19 Miliar lebih.

 



Proyek selanjutnya yang ditinjau Bupati adalah Peningkatan Jalan antara Desa Meranti Bunting dengan Kelurahan Teluk Belitung, Kecamatan Merbau sepanjang 7.3 kilometer. Jumlah dana untuk menuntaskan proyek itu sebesar Rp 17 Miliar dengan lama pengerjaan 3 bulan.

Dilokasi tersebut, Bupati juga meninjau ketersediaan material mulai dari Base B untuk penimbunan, kulit batang rumbia (uyung), hingga alat berat untuk mendukung proses pembangunan.

"Melihat kesiapan kontraktor disini saya optimis proyek bisa dituntaskan tepat waktu," ujar Bupati mengapresiasi.

Jika jalan-jalan desa yang dibangun bisa tuntas, kata Bupati, Pemda akan mengupayakan angkutan desa sehingga masyarakat yang ingin bepergian dari satu desa kedesa lainnya dapat terbantu dengan transportasi cepat, murah dan efisien.

"Kedepan jika jalan-jalan desa ini tuntas, kita membangun angkutan pedesaan," ujarnya. (santo)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com