Antisipasi Kebakaran Lahan, Kades Telesung Pimpin Pembuatan Embung

Dibaca: 608 kali  Jumat,21 Oktober 2016 | 10:35:00 WIB

Antisipasi Kebakaran Lahan, Kades Telesung Pimpin Pembuatan Embung
Ket Foto : Kades Telesung, Syamsudin saat memimpin pembuatan embung di desanya

RANGSANG PESISIR - Kebakaran lahan dan kebun hingga puluhan hektar belum lama ini, cukup menjadi pelajaran bagi warga Kecamatan Rangsang Pesisir, Kepulauan Meranti. Untuk mengantisipasi hal itu, kini dibangun embung (kolam) penampung air.

Seperti diungkapkan Kepala Desa Telesung, Kecamatan Rangsang Pesisir, Syamsudin, baru-baru ini dirinya memimpin langsung pembuatan embung air dengan menggunakan alat berat milik salah satu perusahaan HTI di Pulau Rangsang.

"Kebakaran lahan belukar dan kebun kemarin cukup menjadi pelajaran bagi kami. Apalagi disaat kondisi lahan gambut kering dan tidak adanya sumber air, sehingga menyulitkan upaya pemadaman api," ujarnya, Jumat (21/10/2016).

Dijelaskan Kades Syamsudin, embung air yang dibuat memiliki luas 10x10 meter persegi, posisinya berada dilokasi lahan yang jauh dari sumber air.

"Ini untuk mengantisipasi jika terjadi lagi kebakaran lahan, serta untuk menjaga kondisi lahan gambut tetap basah," jelasnya.

Pembuatan embung itu, tambah Syamsudin, tidak hanya dilakukan di desanya, namun juga dilakukan di desa tetangga yakni Desa Bungur yang juga mengalami kebakaran lahan pekan lalu.

"Alhamdulillah kebakaran lahan dan kebun milik warga yang terjadi kemarin sudah padam semua, atas upaya pemadaman tim gabungan serta guyuran hujan deras," ungkap Syamsudin. (santo)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com