Sekda Meranti: Selesaikan Masalah Pesisir Sesuai Karakteristik Lokal

Dibaca: 975 kali  Kamis,03 November 2016 | 01:39:00 WIB

Sekda Meranti: Selesaikan Masalah Pesisir Sesuai Karakteristik Lokal
Ket Foto : Plt Sekda Kepulauan Meranti, Yulian Norwis SE MM saat menyampaikan sambutan

SELATPANJANG - Persoalan di wilayah pesisir menjadi isu strategis yang harus segera diselesaikan. Untuk menyelesaikannya bukan perkara yang mudah, diperlukan program dengan menyusun perencanaan tepat yang didasari karakteristik dan kearifan lokal yang ada.

Hal itu dikatakan Plt Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, Yulian Norwis SE MM, dalam sambutannya saat membuka Lokakarya Daerah Program Pengembangan Kawasan Pesisir yang dikoordinir Dinas Kelautan dan Perikanan Kepulauan Meranti, di Aula Kantor Bupati, Kamis (3/11).

Sekda berharap, melalui program yang terpadu dan terarah, apa yang terjadi pada daerah pesisir saat ini, yang diidentikkan dengan kawasan minim infrastruktur dan masyarakat yang miskin, dapat segera dituntaskan.

"Sebagian besar masyarakat Kepulauan Meranti hidup di desa-desa yang berada di pesisir pantai, mereka menggantungkan hidup dengan memanfaatkan kekayaan sumber daya alam, namun masih banyak yang hidup dibawah garis kemiskinan," ungkapnya.

Pemerintah Kabupaten, kata Sekda, menginginkan masalah kemiskinan, minimnya infrastuktur dan ketergantungan yang besar terhadap pemerintah dapat segera dituntaskan. Sehingga kawasan pesisir di Kepulauan Meranti dapat tumbuh menjadi kawasan yang mandiri dan sejahtera.

Untuk itu lanjutnya, setiap program kegiatan yang direncanakan harus disesuaikan dengan karakteristik daerah dan kebutuhan masyarakat, sehingga masyarakat benar-benar mendapatkan manfaat dari kegiatan program tersebut.

"Jangan sampai karena program yang tidak tepat banyak masyarakat tidak tersentuh. Habis masa proyek, berakhir pula dampak dan manfaat bagi masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir," paparnya.

Sekda berharap, SKPD terkait khususnya Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kepulauan Meranti, dapat menyusun program yang tepat dalam rangka menata kawasan pesisir di daerah ini menjadi lebih baik lagi kedepannya.

"Kita harap melalui program yang tepat, yang disesuaikan dengan potensi dan kebutuhan masyarakat dapat mewujudkan kemandirian permanen dalam lingkungan masyarakat itu sendiri. Sehingga kawasan pesisir dapat tertata dengan baik, dan masyarakat hidup lebih mandiri dengan taraf ekonomi yang baik, serta mampu menyelesaikan masalahnya secara mandiri," harap Yulian Norwis.

Seperti diketahui, potensi-potensi yang dapat dikembangkan di wilayah pesisir Kepulauan Meranti meliputi Perikanan Tangkap, Perikanan Budidaya, Pariwisata Bahari, Wisata Kuliner dan banyak potensi lainnya.

Untuk mewujudkan kawasan pesisir tangguh dan mandiri ini, Sekda juga berharap peran serta semua pihak, baik pemerintah, swasta serta masyarakat dapat saling dukung penuntasan masalah di kawasan pesisir.

Permasalahan itu, yakni tingginya tingkat kemiskinan, kerusakan sumberdaya alam pesisir, rendahnya kemandirian masyarakat, minimnya infrastruktur, serta lunturnya nilai budaya lokal menuju kawasan pesisir Meranti yang tangguh dan mandiri.

Sementara itu Kabid Pengawasan Kawasan Pesisir Nasruni menjelaskan, akan berupaya mendorong partisipasi masyarakat sebagai agen perubahan untuk mengantisipasi bencana alam dan perubahan iklim yang terjadi dikawasan pesisir.

Berbagai program yang direncanakan dengan tujuan meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana perubahan iklim, antara lain meningkatkan kualitas hidup masyarakat, terciptanya kelembagaan masyarakat yang partisipatif dalam pengambilan keputusan, serta memfasilitasi kegiatan pembangunan sosial ekonomi masyarakat.

Hadir sejumlah narasumber pada Lokakarya itu diantaranya Dr Hendra Yusran Siry, Kasubdit Mitigasi Bencana dan Dampak Perubahan Iklim Kementerian Perikanan dan Kelautan RI,

Lokakarya diikuti oleh puluhan warga yang bermukim di kawasan pesisir, khususnya di Desa Bagan Melibur, Batang sari dan Mekar Sari Kecamatan Merbau. (rls/santo)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com