Pemkab Kepulauan Meranti Galakkan Budaya Cuci Tangan Pakai Sabun

Dibaca: 623 kali  Selasa,15 November 2016 | 01:08:00 WIB

Pemkab Kepulauan Meranti Galakkan Budaya Cuci Tangan Pakai Sabun
Ket Foto : Bupati Irwan bernyanyi bersama siswa siswi sekolah peserta perayaan Hari Cuci Tangan se-Dunia

TEBINGTINGGI BARAT - Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi kembali menghadiri peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun se-Dunia. Kali ini kegiatan untuk hidup sehat dan terbebas dari penyakit itu dipusatkan di Kecamatan Tebingtinggi Barat, Senin (14/11/2016).

Turut hadir Ketua TP PKK, Hj Nirwana Sari, Anggota DPRD Pauzi SE, Edi Masyhudi SPdi MSi, Kepala BPMPD Drs Ikhwani, Kadistamben H Herman SE MT, Sekretaris Diskes dr Misri Hasanto MKes, Sekretaris Disparpora H Ismail Arsyad, Kabag Humas Helfandi SE MSi, Kabag Umum T Azman dan lainnya.

Bupati Irwan menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan positif itu, menurut Irwan, meski kegiatan itu terkesan sederhana namun memiliki dampak yang luar biasa terhadap kehidupan dan rumah tangga masyarakat.

"Hidup bersih dengan mengawali cuci tangan pakai sabun akan menjaga kita dari berbagai penyakit, mari kita budayakan prilaku ini, jangan hanya di acara ini saja tapi terus kita terapkan mulai dari keluarga, tetangga dan masyarakat secara luas," ajaknya.

Bupati meminta kepada Camat untuk terus mensosialisasikan gerakan cuci tangan pakai sabun hingga ke desa-desa dengan melibatkan Kades dan Tim Penggerak PKK, selain itu juga menghimbau Kepala Sekolah dan guru untuk senantiasa menggaungkan kepada anak didiknya untuk melakukan cuci tangan pakai sabun.

Sempena kegiatan tersebut, Ketua Panitia Pelaksana dr Lyta yang juga Kepala Puskesmas Alai menjelaskan, kegiatan ini difokuskan pada anak sekolah dengan menghadirkan 1000 orang anak yang berasal dari sekolah-sekolah di Kecamatan Tebingtinggi Barat.

Dijelaskannya, peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun se-Dunia oleh Puskesmas Alai sudah digelar untuk tahun ke-7. Diharapkan dengan pelaksanaan kegiatan itu dapat mengubah sikap dan prilaku masyarakat khususnya anak usia dini untuk membiasakan hidup bersih dan sehat.

"Kita harapkan dengan adanya kegiatan ini masyarakat lebih mengerti akan pentingnya hidup sehat, semoga dengan prilaku hidup sehat sejak dari anak-anak dapat membebaskan masyarakat dari berbagai penyakit," ujar Lyta.

Lebih jauh dijelaskan Lyta, kegiatan itu terlaksana atas dukungan Camat Tebingtinggi Barat dan Tim Penggerak PKK serta bantuan dari pihak Bank Riau Kepri, BSM, BRI serta Koperasi Harmonis dan pengusaha Sagu lainnya.

Sementara Camat Tebingtinggi Barat, Rizki Hidayat SSTP mengatakan, kegiatan itu jangan hanya sekedar seremonial belaka, tetapi benar-benar dapat diaplikasikan masyarakat Kepulauan Meranti, khususnya di Kecamatan Tebingtinggi Barat.

"Mari kita lakukan cuci tangan pakai sabun saat mau makan, selesai bermain dan beraktifitas menggunakan tangan, semoga dengan prilaku hidup bersih dan sehat semua dapat terjaga dari bahaya penyakit," ujar Rizki. (santo)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com