Keberagaman Jadi Potensi untuk Pembangunan Kepulauan Meranti

Dibaca: 1734 kali  Selasa,15 November 2016 | 01:11:00 WIB

Keberagaman Jadi Potensi untuk Pembangunan Kepulauan Meranti
Ket Foto : Pengguntingan pita peresmian Purna Pugar Kelenteng Hue Liong Kiong di Dusun Terus, Desa Teluk Ketapang

PULAU MERBAU - Keberagaman budaya, suku, ras dan agama yang selalu hidup berdampingan dengan aman dan damai di Kabupaten Kepulauan Meranti, merupakan potensi besar dalam memacu pembangunan di daerah ini.

Hal itu dikatakan Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, dalam sambutannya saat menghadiri acara peresmian Purna Pugar Kelenteng Hue Liong Kiong dan HUT Dewa Tua Pek Kong di Dusun Terus, Desa Teluk Ketapang, Kecamatan Pulau Merbau, Senin (14/11/2016).

Turut hadir pada acara itu Ketua TP PKK, Hj Nirwana Sari, sejumlah anggota DPRD Kepulauan Meranti, Wakapolres Kompol Dr Wawan SH MH, Danramil 04 Selatpanjang, Mayor Arm Bismi Tambunan, Wakil Kajari Sabar, Kabid Agama Budha Kantor Kemenag Kepulauan Meranti dan lainnya.

Kabupaten Kepulauan Meranti, kata Bupati Irwan, bisa disebut sebagai miniatur indonesia, karena penduduknya sangat heterogen dengan berbagai Budaya, Suku, Ras dan Agama berbeda, yang hidup berdampingan dengan aman dan damai.

Dari keberagaman itu, Bupati berharap tidak membuat masyarakat terpecah, namun justru merupakan potensi besar yang dapat dikembangkan dalam memacu perkembangan pembangunan Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Kampung Terus di Desa Teluk Ketapang ini bisa menjadi pusat kegiatan budaya yang beragam, sebagai salah satu tempat tujuan wisata budaya di Kabupaten Kepulauan Meranti," ungkap Bupati.

Sebelumnya, Wisni selaku Ketua Panitia Purna Pugar Kelenteng Hue Liong Kiong menjelaskan, rumah ibadah umat budha itu telah berdiri sejak 133 tahun silam, atau pada zaman penjajahan tahun 1883.

"Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya umat budha di kampung terus ini, maka dilakukan pemugaran agar kelenteng ini lebih besar dan cantik," terangnya.

Pada acara itu juga dilakukan bakti sosial dengan pemberian bantuan berupa sembako kepada masyarakat kurang mampu yang berada di sekitar kelenteng, yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi. (santo)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com