Hadiri Pelantikan Pengurus FORMI, Bupati Titip Gasing Agar Mendunia

Dibaca: 595 kali  Kamis,17 November 2016 | 12:22:00 WIB

Hadiri Pelantikan Pengurus FORMI, Bupati Titip Gasing Agar Mendunia
Ket Foto : Foto bersama usai pelantikan pengurus FORMI Kepulauan Meranti

SELATPANJANG - Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi menghadiri pelantikan Pengurus Federasi Olahraga Rekresiasi Masyarakat Indonesia (FORMI) periode 2016-2021, di Hotel Grand Meranti, Selatpanjang, Rabu (16/11/2016) malam.

Hadir dalam kesempatan itu, Sekretaris FORMI Provinsi Riau, Nasrun Rasyid, Kapolres AKBP Barliansyah SIK, Danramil 04 Selatpanjang, Mayor Arm Bismi Tambunan, Kabag Humas Helfandi SE MSi, Kabag Kesra Rosdaner, serta para pengurus Ormas, Adat dan Agama.

Pelantikan itu dilaksanakan berdasarkan SK FORMI Provinsi Riau nomor 135/Kep/FORMI/Riau/IIX/2016. Terpilih sebagai Ketua FORMI Kepulauan Meranti Jaafar, Wakil Ketua Syaiful Ikram, Sekretaris Edy Masyhudi dan Bendahara M Zamri.

Sekretaris FORMI Provinsi Riau mengatakan, FORMI memiliki peran yang strategis dalam mengelola, membina dan mengembangkan olahraga rekreasi atau olahraga masyarakat yang merupakan potensi penting dalam menjunjung nilai luhur budaya.

Dia mengharapkan, FORMI Kepulauan Meranti juga dapat menjadi wadah meningkatkan derajat kesehatan dan kebugaran masyarakat, sekaligus membangun basis olahraga daerah menjadi olahraga Nasional melalui pembudayaan.

"Rekreasi Sport For All yang massal, murah, meriah, menarik dan bermanfaat," ujar Nasrun Rasyid.

Diharapkan pula, FORMI yang berdiri di Kabupaten dan Kota se-Riau selain membina olahraga rekreasi juga dapat mendukung pengembangan potensi pariwisata daerah untuk meningkatkan kesejahteraan maayarakat.

Sementara itu Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi menegaskan, FORMI sebagai organisasi pembinaan olahraga rekreasi merupakan sebuah potensi dalam mengembangkan budaya dan pariwisata di Kepulauan Meranti.

Menurutnya, Kabupaten Kepulauan Meranti sebagai negeri Melayu menyimpan banyak khasanah budaya permainan rakyat yang bisa dikembangkan, diantaranya seperti olahraga gasing dan lari diatas tual sagu.

"Melalui organisasi ini saya menitipkan olahraga Gasing dapat dikembangkan dan diperlombakan pada iven yang lebih tinggi. Kita harapkan, olahraga indonesia bukan saja dipengaruhi oleh olahraga yang berasal dari eropa, sebaliknya olahraga budaya indonesia mampu mempengaruhi budaya dunia," harap Bupati.

Bupati juga berharap FORMI juga dapat mengambangkan olahraga rekreasi tradisi masyarakat Kepulauan Meranti yakni Lari diatas Tual Sagu yang merupakan satu-satunya di dunia, menjadi sebuah permainan yang lebih masif, merakyat dan lebih terkenal bukan saja ditingkat Nasional tapi di juga dunia.

"Mari bersama kita kembangkan Lari diatas Tual Sagu agar lebih terkenal di dunia," ajak Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati juga mengajak pengurus FORMI dan tamu yang hadir untuk menyaksikan Festival Sungai Bokor yang digelar 19 November 2016 mendatang. Kegiatan itu merupakan Festival Music Jazz Internasional yang didalamnya juga dikemas olahraga tradisi Lari diatas Tual Sagu.

"Mari saksikan Festival Sungai Bokor yang juga akan menampilkan permainan Lari diatas Tual Sagu semoga dapat perhatian yang baik dalam mendukung Meranti sebagai salah satu tujuan wisata di Provinsi Riau," terang Bupati.

Ketua FORMI Kepulauan Meranti, Jaafar mengatakan olahraga rekreasi tradisional yang sangat sederhana murah dan menyehatkan telah berkembang sejak zaman pejajahan dahulu. Untuk itu dengan adanya FORMI, olahraga rekreasi yang diwariskan secara turun temurun ini dapat dilestarikan. Pelestarian olahraga rekreasi ini juga sejalan dengan program Pemerintah Daerah dalam mengembangkan olahraga tradisional yang sehat, bugar dan berbudaya.

Seperti dijelaskan Ketua Panitia Ramdan SPd, FORMI terbentuk sejak Tahun 2008 lalu sesuai SK Menpora, yang salah satu tugasnya adalah membantu membuat kebijakan Nasional terkait pengelolaan, pembinaan dan pengembangan olahraga rekreasi Nasional.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penyerahan cinderamata Gasing yang merupakan olahraga rekreasi khas Kepulauan Meranti yang murah meriah kaya adat dan budaya oleh Bupati kepada Sekretaris FORMI Provinsi Riau. (rls/santo)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com