Karakter Masyarakat Riau Modal Utama Menjaga Kamtibmas dan Keutuhan NKRI

Dibaca: 814 kali  Kamis,24 November 2016 | 10:48:00 WIB

Karakter Masyarakat Riau Modal Utama Menjaga Kamtibmas dan Keutuhan NKRI
Ket Foto : Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Barliansyah SIK memeriksa barisan peserta apel kebhinekaan di halaman Kantor Bupati Kepulauan Meranti, Kamis

SELATPANJANG - Karakter masyarakat Riau yang agamis, ramah dan saling tolong menolong merupakan modal utama dalam menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) serta keutuhan NKRI dalam berbangsa dan bernegara.

Hal itu diungkapkan Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Barliansyah SIK, saat membacakan sambutan Kapolda Riau, pada apel kebhinekaan tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti, di halaman Kantor Bupati, Jalan Dorak Selatpanjang, Kamis (24/11/2016).

Kegiatan Apel itu dilaksanakan dalam rangka kesiap-siagaan seluruh unsur aparatur negara dan masyarakat dalam menjaga keutuhan NKRI dan stabilitas nasional.

Dikatakannya, secara umum kondisi kamtibmas di wilayah hukum Polda Riau dalam keadaan aman dan kondusif, dibuktikan dengan aktifitas masyarakat dan pembangunan berjalan aman dan normal.

Situasi itu harapnya, dapat dijaga dan dipertahankan, agar laju ekonomi dan pembangunan berjalan dengan baik dalam rangka meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat Riau.

Perihal aksi umat Muslim terhadap dugaan kasus penistaan agama di Jakarta, sudah berjalan tertib aman dan damai, hal itu dikarenakan adanya sikap saling menghormati antara Polri dan masyarakat muslim yang melakukan unjuk rasa.

"Terimakasih kepada semua pihak, tokoh ulama, pimpinan adat, tokoh pemuda yang telah mempercayakan kepada Polri dalam menjaga stabilitas keamanan. Baik dalam penyampaian pendapat dimuka umum maupun kegiatan lainnya," ungkap Kapolres membacakan sambutan Kapolda Riau.

Terkait kasus tersebut, dijelaskan Kapolda Riau, masih dalam proses hukum. Dia berharap seluruh lapisan masyarakat dapat mempercayakan sepenuhnya kepada Polri dalam menjalankan proses hukum secara transparan, profesional akuntabel dan tidak ada tekanan dari pihak manapun.

Kapolda Riau juga mengajak semua pihak untuk selalu menjaga keamanan dan tidak terpancing dengan isu yang dapat memecah belah keutuhan NKRI.

"Bila ada pihak yang mencoba mengganggu, maka Polri bersama unsur TNI dan komponen masyarakat akan menindak tegas berdasarkan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku," tegas Kapolres Kepulauan Meranti.

Kapolres berharap maklumat Kapolda Riau terkait penyampaian pendapat dimuka umum hendaknya menjadi acuan masyarakat dalam menyampaikan pendapat, dapat dimengerti, dipatuhi dan dilaksanakan bersama agar Kamtibmas di Riau dapat terjaga dengan baik.

Adapun maklumat Kapolda Riau yang dibacakan Kapolres terkait maraknya penyampaian pendapat dimuka umum yang dilakukan oleh orang atau kelompok orang di wilayah hukum Polda Riau dihimbau untuk;

1. Agar mematuhi aturan Undang-Undang sebagaimana tercantum dalam UU nomor 9 Tahun 2009 tentang Kemerdekaan penyampaian pendapat dimuka umum, kewajiban, larangan dan sanksi, jika tidak mematuhinya akan dilakukan tindakan tegas oleh Kepolisian.

2. Penyampaian Pendapat harus dilakukan dengan tertib dan santun, serta tidak melanggar HAM, dilarang membawa senjata tajam, peledak dan benda berbahaya lainnya.

3. Tidak mengganggu ketertiban, memprovokasi, merusak simbol atau lambang negara dengan maksud merendahkan harkat dan martabat bangsa.

4. Segala tindakan Makar akan diberikan tindakan tegas sesuai UU, mulai dari penjara, hukuman seumur hidup dan sampai hukuman mati.

Sebagai komitmen untuk menjaga kedamaian dan ketertiban di wilayah hukum Polres Kepulauan Meranti, pada kesempatan itu dilakukan penyampaian pernyataan sikap cinta damai oleh perwakilan Ormas, LSM dan Pemda. Dalam hal ini Ormas diwakili oleh perwakilan Pemuda Pancasila, Pemda oleh Kabid Kepemudaan Disparpora Azwan MPd dan Kadis Kesehatan dr Irwan Suwandi.

Sementara kepada jajaran Kepolisian dan pihak Keamanan lainnya, Kapolda Riau dalam sambutannya mengimbau untuk melaksanakan tugas dengan baik sesuai tupoksi masing-masing.

"Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah sebagai landasan melaksanakan tugas, pahami UU dalam menjaga keamanan, jaga kebersamaan, tingkatkan disiplin anggota Polri dan TNI serta pemerintah yang melakukan tindakan pengamanan dan berikan pelayanan terbaik," pintanya.

Hadir pada apel itu Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs H Said Hasyim, para Asisten Setdakab dan Kepala SKPD, Dandim 0303 Bengkalis, Danramil 04 Selatpanjang, perwakilan Kejari, perwakilan instansi dibawah Kemenkum HAM, Wakapolres, Ketua MUI, Ketua LAM, Ketua PSMTI, KNPI dan Ormas atau OKP lainnya, serta unsur BUMN dan perusahaan swasta. (rls/santo)
 

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com