Sederet Penghargaan Jadi Motivasi Jajaran Pemkab Kepulauan Meranti

Dibaca: 837 kali  Jumat,23 Desember 2016 | 11:56:00 WIB

Sederet Penghargaan Jadi Motivasi Jajaran Pemkab Kepulauan Meranti
Ket Foto : Bupati Irwan bersama forkopimda lainnya saat Upacara Hari Jadi Kepulauan Meranti ke-8

SEJAK berdiri 8 Tahun lalu, berbagai penghargaan demi penghargaan telah diterima Kabupaten Kepulauan Meranti, sebagai bentuk pengakuan kerja keras serta motivasi bagi jajaran Pemerintah Daerah bersama masyarakat, dibawah kepemimpinan Bupati Drs H Irwan MSi.
 
Pada tahun 2011 Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti mulai menerima penghargaan, diantaranya Special Investment Award dan Special Achievement Award 2011, serta mendapat Juara I The Best Product pada Pameran Sumatera Expo 2011 di Kota Batam.
 
Setahun kemudian di ajang Riau Investment Award tahun 2012, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti kembali meraih dua penghargaan sekaligus. Dua penghargaan itu diterima langsung oleh Bupati Kepulauan Meranti, Drs Irwan MSi, Rabu 5 Desember 2012 malam di Hotel Pangeran Pekanbaru.
 
Dua penghargaan itu yakni Special Achievement Award kategori Komitmen dan Kebijakan Investasi, kemudian Penghargaan Terbaik 3 Kabupaten Kota dalam menciptakan iklim investasi yang kondusif. Dimana penyerahan kala itu dilakukan oleh Wakil Gubernur Riau, HR Mambang Mit setelah diterima dari Kepala BKPM RI, DR M Chatib Bisri.
 
 
Selama dua tahun berturut-turut menerima Penghargaan Special Achievement Award dalam Riau Invesment Award, jadi motivasi jajaran Pemerintah Daerah untuk terus berkarya. Apalagi pada tahun 2012 itu, Kepulauan Meranti menjadi satu-satunya daerah di Riau yang menerima dua penghargaan sekaligus.
 
Kerja keras Bupati Kepulauan Meranti Drs Irwan MSi membangun dan memperbaiki infrastruktur publik, baik jalan, sarana listrik, fasilitas kesehatan dan pendidikan hingga ke desa-desa kembali mendapat penghargaan dari banyak pihak pada tahun 2014.
 
Pada tahun itu, Sindo Weekly Magazine memberikan Government Award kategori pembangunan infrastruktur terbaik kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti. Penyerahan penghargaan dilakukan secara bersama-sama oleh CEO MNC Group Harry Tanoesudibyo, Mendagri Gamawan Fauzi, dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana di ballroom Grand Sahid Hotel, Jakarta, Rabu malam 19 Maret 2014.
 
"Kita bersyukur dan berterimakasih karena upaya-upaya kita membangun infrastruktur diperhatikan dan dihargai orang, meskipun Kepulauan Meranti belum lama dimekarkan, namun perkembangan pembangunan infrastruktur cukup mendapat apresiasi," ujar Bupati Irwan usai menerima langsung perhargaan itu.
 
 
Di tahun 2014 juga, Bupati Kepulauan Meranti meraih Kadin Award Kategori Most Support Leader, sebagai bukti kemitraan yang terbina sangat baik antara Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dengan kalangan pengusaha.
 
Penghargaan saat itu diserahkan oleh Ketua Kadin Junianto Rachman kepada Bupati yang diwakili oleh Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kepulauan Meranti, Hendra Putra SIp MSi. Disaksikan Plt. Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Perwakilan Bappenas dan Kemendagri pada acara Semiloka Pengembangan Kawasan Kota Baru Dengan Konsep Pekan Sekawan, di Hotel Pangeran Pekanbaru, Rabu 26 November 2014.
 
"Kami melihat Bupati Kepulauan Meranti sangat responsif terhadap dunia usaha, semua masalah langsung diberi tahu dan ditindak lanjuti. Dan yang tak kalah penting berhasil menciptakan iklim usaha yang kondusif," ujar Ketua penilai Kadin Riau, Viator Butar-Butar menjelaskan.
 
 
Dipengujung tahun 2014, Bupati Irwan mendapat penghargaan Pioner Award Redaksi Koran Harian Tribun Pekanbaru. Irwan dinilai sebagai Kepala Daerah yang berhasil mengembangkan produk pangan lokal khususnya sagu yang memiliki kualitas terbaik di Indonesia.
 
Penyerahan penghargaan itu dilakukan Gubernur Riau yang diwakili Asisten I Setdaprov Riau Kasiarudin di dampingi Pemred Tribun Pekanbaru, Dodi Sarjana dan diterima oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, di Hall Hotel Furaya Pekanbaru.
 
 
Pada tahun 2015, perhatian besar Pemkab Kepulauan Meranti terhadap sektor kesehatan masyarakat mendapat apresiasi pemerintah pusat. Melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes), memberikan penghargaan JKN Award kepada Bupati Kepulauan Meranti, Selasa 1 September 2015 di Gedung Kemenkes RI Jalan Rasuna Said, Jakarta.
 
"Pemkab Kepulauan Meranti memperoleh penghargaan ini atas partisipasi mengintegrasikan 40 persen peserta Jamkesda ke BPJS dalam waktu tiga bulan. Sesuai target pemerintah, seluruh peserta Jamkesda harus sudah terintegrasi ke BPJS pada 2016," ungkap Kadis Kesehatan Kepulauan Meranti, dr Irwan Suwandi.
 
Mengintegrasikan peserta Jamkesda ke BPJS, jelasnya, sudah menjadi program prioritas Pemkab Kepulauan Meranti. Untuk Provinsi Riau, hanya Kepulauan Meranti, Dumai dan Siak yang mendapatkan penghargaan serupa.
 
 
Dua bulan kemudian, Rabu 18 November 2015, kerja keras Pemkab Kepulauan Meranti kembali mendapat apresiasi dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Riau, yang memberikan penghargaan Kadin Award kategori The Most Dynamic Region untuk Pemkab Kepulauan Meranti.
 
Selanjutnya dalam tahun 2016, Usaha dari ahli masak kuliner Sagu Kabupaten Kepulauan Meranti tidak sia-sia, ratusan makanan berbahan dasar Sagu yang diciptakan oleh ibu-ibu dari 9 Kecamatan se-Kabupaten Kepulauan Meranti, berhasil memecahkan Rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) kategori Makanan Terbanyak dari Bahan Baku Sagu.
 
Rekor itu, telah teregistrasi dengan nomor register 7668/R.MURI/X/2016, dimana penyerahan piagam langsung dilakukan oleh perwakilan MURI dalam acara Riau Food Festival 2016, di halaman Kantor Gubernur Riau, Selasa 25 Oktober 2016.
 
 
Dikatakan pihak MURI, tim penilai telah berhasil mencatat kejadian luar biasa yang sifatnya superlatif atas cipta kreasi makanan berbahan dasar Sagu. Dari hasil penghitungan pihak MURI tercatat 369 makanan dan minuman berhasil diciptakan, jumlah ini lebih banyak dari usulan sebelumnya yakni 350 varian makanan berbahan dasar Sagu.
 
"MURI mencatat suatu karya yang luar biasa kategori makanan yang berada di Provinsi Riau, kami menilai kini Sagu telah diolah dan diperkaya dengan berbagai kreasi dan jenis makanan, kami mencatat 369 makanan berbahan dasar Sagu telah berhasil diciptakan dan kami menganugrahkan Rekor MURI," ujar Awan Rahargo Selaku Senior Manager MURI.
 
Tidak sampai disitu, pada tahun 2016 Bank Riau Kepri sebagai Bank daerah yang komit mengembangkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), memberikan anugerah (Award) kepada Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi atas keberhasilanya sebagai Pembina dan Penggerak UMKM di Kepulauan Meranti. Pemberian Award dilakukan pada malam puncak Anugerah UMKM Award Ke-8 di Ballroom Dang Merdu, Bank Riau-Kepri Pekanbaru, Jumat 28 Oktober 2016.
 
 
Kemudian 27 November 2016, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti meraih lima Penghargaan sekaligus dari Kemensos RI, atas perannya mensukseskan Program Keluarga Harapan (PKH).
 
Penghargaan itu berkat perhatian Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi yang menggelontorkan dana sharing APBD cukup besar, untuk mendukung Program Keluarga Harapan (PKH) bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang dimotori oleh Kementerian Sosial RI.
 
 
Apresiasi dari Kementerian Sosial RI yang diwujudkan dengan memberikan penghargaan berbagai kategori, yakni penghargaan atas koordinasi dan atensi terhadap pelaksanaan PKH di Provinsi Riau, Alokasi dana sharing terbesar di Provinsi Riau, dan penghargaan Bupati pro aktif terhadap PKH, serta inisiator HUT PKH di Provinsi Riau.
 
Terakhir kategori partisipasi aktif Dinas Sosial dalam rapat pembahasan PKH diserahkan kepada Kadis. Penghargaan itu langsung diserahkan Gubernur Riau yang diwakili Sekretaris Daerah Ahmad Hijazi.
 
Demikianlah diantara sederetan penghargaan yang pernah diraih berkat kerja keras jajaran Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti bersama masyarakat, dibawah kepemimpinan Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi. Semoga menjadi motivasi untuk berbuat lebih baik lagi. (adv)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com