Listrik 24 Jam Pulau Rangsang Tunggu MoU Kemen ESDM-PLN

Dibaca: 1012 kali  Sabtu,14 Januari 2017 | 02:49:00 WIB

Listrik 24 Jam Pulau Rangsang Tunggu MoU Kemen ESDM-PLN
Ket Foto : ilustrasi

RANGSANG - Pulau Rangsang segera akan diterangi listrik 24 jam seiring telah rampungnya proyek Hybrid PLTS-PLTD berkapasitas 150 KWP di Teluk Rangsang. Namun untuk pengoperasiannya masih menunggu Memorandum of Understanding (MoU) antara Kementerian ESDM dengan PLN Pusat.

Hal itu diungkapkan Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, saat kunjungan kerja dalam rangka Monitoring dan Evaluasi Proyek Pembangunan tahun anggaran 2016 di Kecamatan Rangsang, Jumat kemarin.

"Secara fisik proyek pembangunan sudah selesai, tinggal lagi pembicaraan di pusat antara Kementerian ESDM dan pihak PLN," ungkap Bupati Irwan saat peninjauan bersama Ketua DPRD, Fauzi Hasan.

Diungkapkan Bupati, saat ini dari 9 Kecamatan yang ada, 7 Kecamatan sudah dapat menikmati fasilitas layanan listrik siang dan malam dari PLN, tinggal 2 Kecamatan lagi yakni Kecamatan Rangsang dan Kecamatan Rangsang Barat yang belum menikmati listrik 24 jam.

Agar masyarakat di dua Kecamatan itu dapat menikmati listrik 24 jam, Pemerintah Provinsi Riau telah membangun Hybrid PLTS-PLTD Kapasitas 150 KWP di Desa Teluk Rangsang. Pembangunan serupa juga dilakukan di Desa Lemang Kecamatan Rangsang Barat.

Bupati Irwan menegaskan dirinya tidak ingin berlama-lama untuk segera beroperasinya fasilitas listrik tersebut. Untuk itu langsung dilakukan koordinasi dengan Kementerian terkait, agar fasilitas itu dapat segera difungsikan.

"Pak Herman (mantan Kadistamben Kepulauan Meranti) sedang di Jakarta untuk mensinergikan penggunaan pembangkit listrik tenaga surya ini di Kementerian ESDM. Semoga dapat segera difungsikan," harap Bupati.

Bupati Irwan juga sangat berharap pihak PLN bisa mengoperasikannya, karena baik mesin pembangkit maupun jaringan listrik pendukung seluruhnya sudah tersedia.

"Semoga tercipta sinergi antara PLN Pusat dan Kementerian ESDM dan layanan dari pembangkit listrik ini dapat segera dinikmati oleh masyarakat," pungkasnya. (santo)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com