Serbu Lokasi Karhutla, Satgas Temukan Bekas Bedeng Terbakar

Dibaca: 785 kali  Selasa,14 Februari 2017 | 02:20:00 WIB

Serbu Lokasi Karhutla, Satgas Temukan Bekas Bedeng Terbakar
Ket Foto : Satgas Gabungan saat menyusuri lokasi Karhutla di Kampung Balak, Desa Tanjungperanap, Senin kemarin

SELATPANJANG - Tim gabungan dari unsur BPBD, TNI, Polri, Masyarakat Peduli Api (MPA) dan Camat Tebingtinggi Barat menemukan bekas bedeng yang terbakar di lokasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), di Jalan Poros Desa Tanjungperanap.

Plt Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Meranti, M Edy Afrizal SE MH, kepada merantionline.com mengungkapkan, peristiwa kebakaran lahan itu diketahui pada Sabtu 11 Februari 2017 kemarin pukul 11.30 WIB.

"Berdasarkan pantauan Satgas Gabungan, api berasal dari pembukaan lahan. Di lokasi yang terbakar terdapat 1 unit bedeng yang terbakar," ungkapnya, Senin malam 13 Februari 2017.

Edy menjelaskan, di wilayah itu ada dua titik lokasi karhutla. Sebagaimana penjelasan dari Kepala Desa Tanjungperanap, bahwa di lokasi sekitar karhutla merupakan bekas tempat aktifitas pekerja menyinso kayu hutan.

Untuk memadamkan api di lokasi, Tim membawa peralatan lengkap beserta logistik, antara lain 1 unit mesin portable sibaura, 1 unit mesin apung, 1 unit minitrek, 1 unit mesin robin, 70 roll fire hose 2,5 inchi dan 15 roll hose 1,5 inchi.

"Unsur Satgas terkait masih memintai keterangan saksi-saksi untuk mengetahui pemilik lahan. Luas lahan yang terbakar sekira 12 hektar," jelasnya. (santo)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com