Pemdes Banglas Bertekad Bangkitkan Prestasi Seni Baca Al-Quran

Dibaca: 570 kali  Selasa,14 Maret 2017 | 10:42:00 WIB

Pemdes Banglas Bertekad Bangkitkan Prestasi Seni Baca Al-Quran
Ket Foto : Kepala Desa Banglas, Samsurizal SH menyampaikan sambutannya

SELATPANJANG - Pemerintah Desa Banglas bersama Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) bertekad untuk membangkitkan prestasi seni baca Al-Quran. Upaya itu akan lebih berhasil jika didukung penuh oleh masyarakat.
 
Hal itu diungkapkan Kepala Desa Banglas, Samsurizal SH, dalam sambutannya saat penutupan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Ke-7 Desa Banglas, di halaman Masjid Ar-Rahmah, Desa Banglas, Selasa malam 14 Maret 2017.
 
Samsurizal mengatakan, cita-cita agar Desa Banglas kembali merebut estafet prestasi seni baca Al-Quran, tidak bisa dicapai jika hanya mengandalkan program Pemerintah Desa dan LPTQ.
 
"Perlu dukungan masyarakat, khususnya para orang tua untuk menyertakan anaknya dalam kegiatan pendidikan seni baca Al-Quran yang dilaksanakan LPTQ," ujarnya.
 
Menurutnya, kualitas dan kuantitas pelaksanaan STQ Desa Banglas tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya, dimana nilai bacaan semakin meningkat, serta para peserta seluruhnya adalah anak jati Desa Banglas.
 
Kades Banglas juga mengharapkan, melalui kegiatan STQ itu dapat menjadikan Al-Quran sebagai petunjuk kehidupan, terutama membentengi generasi muda dari pengaruh negatif dalam perkembangan teknologi informasi zaman ini.
 
 
Sebelumnya, Ketua LPTQ Desa Banglas selaku Ketua Panitia, Abdul Zaid dalam laporannya mengungkapkan, STQ Desa Banglas tahun ini diikuti 32 peserta, dengan rincian kategori anak 15 orang, remaja 11 orang dan dewasa 6 orang.
 
"STQ tahun ini menghabiskan dana sebesar 19 juta rupiah lebih untuk biaya astaka, operasional kepanitiaan, hadiah tropi dan sagu hati bagi peserta. Kami mohon maaf bila ada kekurangan dalam pelaksanaan," ujarnya.
 
Adapun Dewan Hakim pada STQ Desa Banglas ini, yakni H Aljufri, H Ridwan Hasan, H Syamsudin Sulung dan Siti Nurbandini.
 
Berdasarkan keputusan Dewan Hakim nomor 01/STQ/BLS/2017, pembaca terbaik STQ Ke-7 Desa Banglas adalah pemegang nomor undian 13 dengan nilai 90, atas nama Sofia Yulianita binti H Zulfin.
 
Turut hadir pada penutupan STQ Ke-7 Desa Banglas, anggota DPRD Kepulauan Meranti, Muzakir, Sekretaris Kecamatan Tebingtinggi, Lurah Selatpanjang Timur dan Kepala Desa Banglas Barat. Acara juga diisi dengan penampilan siswa-siswi MAN Selatpanjang dan lainnya. (santo)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com