Lukun punya Pesantren Gaul untuk Cegah Pengaruh Narkoba

Dibaca: 893 kali  Rabu,15 Maret 2017 | 01:12:00 WIB

Lukun punya Pesantren Gaul untuk Cegah Pengaruh Narkoba
Ket Foto : Stand Bazar Pesantren Gaul Desa Lukun saat tampil di STQ Desa Batin Suir, Kecamatan Tebingtinggi Timur

TEBINGTINGGI TIMUR - Inisiatif Warga Desa Lukun, Kecamatan Tebingtinggi Timur, Kepulauan Meranti ini patut diapresiasi, guna mencegah kaula muda dari pergaulan bebas dan pengaruh narkoba, dibentuk kegiatan pendidikan informal Pesantren Gaul.
 
Khairul, pengasuh Pesantren Gaul itu mengungkapkan, dibentuknya kegiatan pendidikan informal itu berangkat dari adanya keresahan masyarakat atas berkembangnya prilaku pergaulan bebas dan pengaruh narkoba.
 
"Gaul singkatan dari Golongan Alim Ulama. Pesantren Gaul ini dibentuk bermula dari keresahan masyarakat atas berkembangnya prilaku pergaulan bebas dan pengaruh narkoba," ungkap pria yang juga menjabat Sekretaris Desa Lukun ini.
 
Kegiatan di Pesantren Gaul, kata Khairul, diisi dengan berbagai materi pendidikan agama dan keterampilan padat karya, seperti mengaji, pelajaran fiqh, tajwid, sejarah nabi, tulis baca huruf arab dan pengetahuan dasar agama lainnya.
 
"Peserta berjumlah 31 orang dari anak SD, SMP, SMA dan juga anak putus sekolah. Jam pelajaran pada waktu luang Jumat malam dan Sabtu malam. Pada Ahad siang mereka diberikan pengetahuan berbagai keterampilan padat karya," ujarnya.
 
Untuk mengisi kegiatan pendidikan informal itu, para pengasuh melakukannya dengan suka rela tanpa memungut biaya. Bahkan untuk pengadaan peralatan keterampilan padat karya, pengasuh merogoh isi kantong sendiri sebagai modalnya.
 
"Kita senang karena anak-anak cukup bersemangat. Saat ini selain menimba ilmu agama, mereka juga mendapat pengetahuan membuat berbagai keterampilan padat karya, seperti membuat gantungan kunci, pin atau bros jilbab dan berbagai jenis keterampilan seni kaligrafi," ucapnya.
 
Sementara ini, kegiatan pendidikan informal itu masih menumpang di gedung PAUD di Desa Lukun. Untuk kelanjutan kegiatannya diharapkan didapat dari keuntungan penjualan hasil keterampilan padat karya. (santo)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com