Masuk 4 Besar Survei LSI, Sukarmis Didorong Maju Pilgubri

Dibaca: 1049 kali  Jumat,07 April 2017 | 05:55:00 WIB

Masuk 4 Besar Survei LSI, Sukarmis Didorong Maju Pilgubri
Ket Foto : Sukarmis bersama tokoh adat masyarakat Kuantan Singingi

TELUK KUANTAN – Secara mengejutkan, salah seorang tokoh masyarakat Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, H Sukarmis masuk dalam empat besar tokoh politik dan tokoh masyarakat Riau yang telah dikenal dan akan dipilih masyarakat diajang Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri).

Hal itu terungkap dari paparan peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Aji Alfaraby pada dialog interaktif bertema "Meneropong Kepemimpinan Riau 2018" yang digelar di Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Kamis 6 April 2017 kemarin.

Jika Pilgubri digelar hari ini, ungkapnya, incumbent Andi Rachman dan mantan Bupati Rohul Achmad akan dipilih 4,1 persen responden. Calon lain, seperti Bupati Indragiri Hulu Yopi Arianto dan mantan Bupati Kuantan Singingi H Sukarmis, berada di urutan Ketiga dan Keempat, dengan dipilih 3,6 persen.

Dari hasil survei LSI ini, ternyata selisih persentase dukungan masyarakat yang akan memilih Ahmad dan Andi Rachman dengan Sukarmis juga kecil sekitar 0,5 persen.

Menanggapi hasil survei LSI Denny JA ini, H Nayarlis, salah seorang tokoh masyarakat Kuansing mengaku cukup surprise. Pasalnya kata mantan anggota DPRD Kuansing dan Inhu itu, Sukarmis sendiri tidak terlihat melakukan gerakan besar-basaran baik sosialisasi untuk maju di bursa Pilgubri saat ini. Bahkan sejak meninggalkan jabatan Bupati Kuansing 31 Mei 2016 lalu, seolah jauh dari hingar bingar politik dan lebih konsen ke keluarga dan usaha.

"Namun ternyata namanya masuk dalam empat besar tokoh Riau yang bakal dipilih masyarakat. survei LSI ini sangat menimbulkan optimisme bagi masyarakat Kuansing, salah seorang putra terbaiknya berpeluang melayani masyarakat Riau nantinya dan perlu diambil kesempatan ini," ujar Nayarlis.

Pasalnya, kata Nayarlis, survei tersebut dilakukan di seluruh wilayah Kabupaten dan Kota di Riau dan bukan di Kuansing saja.

"Dengan masuknya nama Sukarmis dalam empat besar, berarti namanya populer dan dikenali masyarakat Riau, ketokohan dan kemampuannya memimpin pemerintahan dan mengelola pembangunan diapreasiasi masyarakat Riau, Saya kira masyarakat Riau mengenang Sukarmis sebagai sosok yang dekat dengan rakyat karena ia memang orang yang besar dari kaki lima dan mengerti dengan masyarakat, jiwa sosial sangat tinggi, tipe-tipe pemimpin seperti ini kan disukai masyarakat banyak," ujarnya.

Selaku warga Kuansing, NayarliS meminta Sukarmis serius maju diajang Pilgubri.

"Dimasa lalu Kita punya putra terbaik almarhum Firdaus Malik dan Rustam S Abrus sebagai Wakil Gubernur Riau. Momen Pilgub ini Kita harus berjuang maksimal agar putra terbaik Kuansing salah satunya Pak Sukarmis kita dorong dan dukung untuk memberi pengabdian bagi mayarakat Riau," pungkasnya. (rls)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com