MTQ Riau 2018 di Meranti, Pembangunan Infrastruktur Digesa

Dibaca: 1063 kali  Sabtu,29 April 2017 | 04:31:00 WIB

MTQ Riau 2018 di Meranti, Pembangunan Infrastruktur Digesa
Ket Foto : Bupati Meranti, Drs H Irwan, MSi saat menyampaikan sambutan pada penutupan MTQ ke 9 tingkat Kecamatan Merbau

TELUKBELITUNG - Kabupaten Kepulauan Meranti akan menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Riau tahun 2018 mendatang. Guna kelancaran agenda itu, berbagai persiapan dilakukan, termasuk pembangunan infrastruktur.

Hal itu diungkapkan Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, dalam sambutannya saat penutupan MTQ tingkat Kecamatan Merbau di Telukbelitung, baru baru ini. Bupati mengatakan, persiapan MTQ Riau dilakukan hingga ke seluruh wilayah Kecamatan.

"Kabupaten Kepulauan Meranti akan menjadi tuan rumah MTQ Provinsi Riau tahun 2018. Untuk itu mulai saat ini kita mulai mempersiapkan segala sesuatunya, baik pembangunan infrastruktur hingga fasilitas pendukung lainnya," kata Irwan.

Dikatakannya, persiapan infrastruktur dan fasilitas MTQ Riau, bukan saja dilakukan di Kota Selatpanjang, tetapi juga di wilayah Kecamatan lainnya, karena kemungkinan beberapa cabang yang diperlombakan juga digelar di Ibu Kota Kecamatan.

"Pelaksanaan MTQ Provinsi Riau bisa saja kita gelar di ibu kota Kecamatan, untuk itu pembenahan infrastruktur di seluruh wilayah Kecamatan juga harus kita gesa," ucap Bupati Irwan.

Di Kecamatan Merbau sendiri, jelasnya, telah diupayakan pembangunan jalan poros, seperti jalan Meranti Bunting - Teluk Belitung, walaupun belum aspal Hot Mix, namun dari hasil peninjauan Bupati beberapa waktu lalu didapati kondisi jalan sudah mulai baik.

Jalan poros yang juga digesa pembangunannya, yakni antara Teluk Belitung dan Tanjung Padang, dimana masih dalam proses pengerjaan jalan Mekar Delima sepanjang 5,7 kilometer.

Selain jalan poros, juga diupayakan pembangunan jembatan, yakni Jembatan Suak Nipah dan Jembatan Kengkam. Untuk pembangunan jembatan Kengkam dengan konstruksi baja akan tuntas akhir 2017 mendatang. Sementara jembatan Suak Nipah akan dibangun pada tahun 2018, termasuk juga jembatan di Mengkopot.

Dengan semakin baiknya kondisi jalan dan jembatan sebagai penghubung antar Desa, Bupati mengajak para pengusaha untuk mengadakan transportasi umum berupa oplet, dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat akan transportasi murah. (rls/santo)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com