Camat dan Kades di Meranti Diminta Peduli Fasilitas PAMSIMAS

Dibaca: 472 kali  Selasa,01 Agustus 2017 | 02:02:00 WIB

Camat dan Kades di Meranti Diminta Peduli Fasilitas PAMSIMAS
Ket Foto : Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Said Hasyim saat menyampaikan pengarahannya

SELATPANJANG - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Said Hasyim meminta kepedulian para Camat dan Kepala Desa terhadap fasilitas program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS). Wabup menegaskan akan mengevaluasi itu secara berkala.

"Barang yang sudah jadi jangan dijadikan monumen, program PAMSIMAS ini jangan hanya jadi objek proyek, tapi benar-benar bermanfaat bagi masyarakat dan saya akan cek satu persatu ke lapangan, output-nya harus jelas," tegasnya, saat Sosialisasi Program Pamsimas III Tahun 2017, di Selatpanjang, Selasa 1 Agustus 2017.

Wabup menjelaskan, PAMSIMAS merupakan program pemerintah dalam rangka menyediakan fasilitas Air Bersih dan Sanitasi kepada masyarakat. Untuk itu ia meminta program tersebut didukung penuh oleh Camat dan Kades khususnya yang menjadi sasaran program.

"Program ini sangat baik karena air bersih dan sanitasi sangat menentukan derajat kesehatan masyarakat," ucap Wakil Bupati Said Hasyim.

Hasil pantauan lapangan, ungkapnya, masih banyak Kades dan PPTK yang kurang peduli dengan fasilitas PAMSIMAS yang telah dibangun dengan membiarkan fasilitas itu terbengkalai tanpa manfaat.

"Jika masih ada Kades dan Camat yang tidak peduli akan saya evaluasi, dan kepada yang menjadi PPTK saya minta laporannya mana yang tak jalan dan apa alasannya, saya ingin perhatian pemerintah dalam menekan bahaya penyakit menular yang disebabkan oleh tidak adanya air bersih dan sanitasi ini didukung penuh," ingatnya.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Kepulauan Meranti juga menyampaikan apresiasi kepada Kepala Desa Banglas Barat, Sungai Tohor dan Kundur yang telah berhasil mengelola program PAMSIMAS dengan baik hingga bermanfaat bagi masyarakat.

Kegiatan sosialisasi yang digelar Bappeda Kepulauan Meranti itu, juga dihadiri Bupati Pelalawan HM Harris, Narasumber Erwalis SSos dan Agus Suprianto SKM selaku Koordinator Program PAMSIMAS Riau, Kepala Dinas PU, para Camat dan Kepala Desa se-Kepulauan Meranti. (rls/red)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com