Desa di Kepulauan Meranti Berpeluang Dapat Bantuan PAMSIMAS

Dibaca: 278 kali  Selasa,01 Agustus 2017 | 02:03:00 WIB

Desa di Kepulauan Meranti Berpeluang Dapat Bantuan PAMSIMAS
Ket Foto : ilustrasi

SELATPANJANG - Sekretaris Bappeda Kepulauan Meranti, Padli SIP mengungkapkan desa desa di Kabupaten Kepulauan Meranti berpeluang untuk mendapatkan bantuan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS).

Bappeda selaku satuan kerja yang memfasilitasi program PAMSIMAS, memberikan kesempatan kepada Desa untuk mendapatkan bantuan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dan Sanitasi dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Program PAMSIMAS tersedia bagi Desa yang belum pernah menjadi lokasi pelaksanaannya dan bukan wilayah pengembangan PDAM dalam dua tahun mendatang, serta mempunyai prioritas pembangunan air minum dan sanitasi," ungkapnya, saat Sosialisasi Program PAMSIMAS III Tahun 2017, di Selatpanjang, Selasa 1 Agustus 2017.

Penentuan lokasi sasaran program PAMSIMAS, jelasnya, berdasarkan seleksi usulan proposal desa, dimana seleksi dilakukan untuk menyusun daftar prioritas desa yang layak memperoleh bantuan program PAMSIMAS dan memiliki komitmen untuk memelihara dan mengelola melalui swadaya masyarakat secara berkelanjutan.

Bantuan program PAMSIMAS dapat digunakan untuk salah satu pilihan, yaitu Perluasan (pembangunan SPAM di Desa yang belum memiliki SPAM), Pengembangan (pada Desa yang telah memiliki SPAM dan berfungsi baik) dan Optimalisasi (pada Desa yang telah memiliki SPAM namun tidak berfungsi optimal).

"Usulan dilakukan dengan mengisi formulir proposal Desa adalah sebagaimana lampiran format persyaratan dasar untuk mengikuti program PAMSIMAS," jelasnya.

Sejak program ini digulirkan tahun 2015 lalu, di Kepulauan Meranti telah banyak Desa yang menerima fasilitas program PAMSIMAS, diantaranya Banglas Barat, Alai Selatan, Batang Malas, Topang, Sungai Tohor, Telesung, Putri Puyu, Tanjung Padang, Kundur, Maini, Mantiasa dan Desa Tanjung.

Untuk program tahun 2016-2017, desa sasaran yang telah ditetapkan oleh Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), adalah Desa Alai, Tenan, Tanjung Darul Takzim, Sungai Cina, Kedaburapat, Repan, Bungur, Mengkopot, Centai, Mekar Delima, Pelantai, Bandul, Dedap, Sokop, Selat Akar, Bungur, Penyagun, Mengkirau dan Gemala Sari.

Melalui kegiatan sosialisasi program PAMSIMAS itu, Bappeda Kabupaten Kepulauan Meranti juga melakukan penjaringan terhadap Desa yang berminat untuk mengikuti program PAMSIMAS. (rls/red)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com