Bupati Kepulauan Meranti Inspektur Upacara Detik-Detik Proklamasi

Dibaca: 555 kali  Kamis,17 Agustus 2017 | 03:25:00 WIB

Bupati Kepulauan Meranti Inspektur Upacara Detik-Detik Proklamasi
Ket Foto : Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi menyerahkan bendera merah putih kepada Paskibra pembawa baki

SELATPANJANG - Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi bertindak selaku Inspektur Upacara Detik-detik Proklamasi Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-72. Pada kesempatan itu ia berpesan agar Kemerdekaan diisi dengan kegiatan positif bagi nusa dan bangsa.

Meski jelang pelaksanaan Upacara sempat diguyur hujan, namun kegiatan upacara di halaman Kantor Bupati Kepulauan Meranti itu dapat berjalan dengan khidmat dan lancar, sekitar pukul 09.30 WIB, Kamis 17 Agustus 2017.

Bertindak selaku pembaca Teks Proklamasi adalah Ketua DPRD Kepulauan Meranti H Fauzi Hasan SE, Komandan Upacara Kapten Inf Efendi Sihombing dan Perwira Upacara, Danramil 02 Tebingtinggi Mayor Arm Bismi Tambunan.

Bupati Kepulauan Meranti dalam sambutannya atas nama Pemerintah Daerah, mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI Ke-72 Tahun 2017. Ia berharap sempena HUT RI ini akan membawa Indonesia lebih maju dan sejahtera.

Khusus bagi masyarakat Kepulauan Meranti, Bupati mengajak masyarakat semakin matang dan dewasa serta cerdas dalam berdemokrasi dengan baik, seiring terus meningkatnya infrastruktur pembangunan di Kepulauan Meranti.

"Kita akan berupaya membangun infrastruktur sebaik-baiknya dengan harapan seluruh pulau-pulau di Meranti memiliki infrastruktur yang memadai, yang akan memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Bupati menghimbau generasi muda untuk terus bersemangat, sebab sebagai generasi penerus estafet pembangunan yang akan datang, pemuda harus menjaga diri tidak mudah terpengaruh dengan hal negatif, seperti narkoba, pergaulan bebas dan lainnya.

"Saya yakin dan percaya pemuda Kepulauan Meranti hebat.. Merdeka..!!!," pungkas Bupati Irwan.

Pengibaran bendera merah putih berlangsung dengan sempurna, yang mulai dari pengambilan bendera oleh pembawa baki terpilih Melya Sukma, hingga pengibaran oleh Yusril Mahendra, M Wais Al Khairani dan Irfan.

Upacara HUT RI Ke-72 di Kabupaten Kepulauan Meranti juga berlangsung semarak dengan adanya penampilan tarian kolosal yang apik dari Forum Anak Meranti dan atraksi Barongsai anggota Polres Kepulauan Meranti.

Sebelumnya, Rabu malam 16 Agustus 2017, mulai pukul 20.00 WIB, perayaan HUT RI ke-72 di Kepulauan Meranti dimeriahkan dengan kegiatan Pawai Obor. Ribuan peserta dari berbagai unsur masyarakat memadati rute jalan protokol yang dilalui.

Pantauan wartawan, kegiatan itu dihadiri oleh seluruh unsur Forkopimda Kepulauan Meranti, yakni Bupati Drs H Irwan MSi, Kapolres AKBP Barliansyah SIK, Ketua DPRD Fauzi Hasan, Danlanal Dumai diwakili Pasops Mayor Laut Okto Sahat Manurung serta Dandim 0303 Bengkalis diwakili Pabung Mayor Inf Hasan Ibrahim.

Selain itu, hadir juga Sekda Yulian Norwis SE MM, Danramil 02 Tebingtinggi Mayor Arm Bismi Tambunan SE, Kabag Ren Polres Kepulauan Meranti Kompol Areng Swarsono, Kasat Lantas AKP Jalinus, Kapolsek Tebingtinggi AKP Syafril SH MH, serta unsur lainnya.

Pawai Obor diawali dengan laporan Komandan Upacara kepada Bupati Kepulauan Meranti selaku Inspektur Upacara, dilanjutkan pembacaan doa, pemasangan Obor Simbolis oleh Inspektur Upacara, Amanat Inspektur Upacara sekaligus melepas secara resmi peserta Pawai Obor.

Adapun rute Pawai Obor yang dilalui, yakni start di Jalan Merdeka Selatpanjang menuju Jalan Imam Bonjol ke Jalan Kartini, berbelok ke Jalan Diponegoro, dan kembali lagi finish di Jalan Merdeka Selatpanjang.

Kegiatan itu mendapat pengamanan dari unsur aparat terkait, seperti 50 personel gabungan Polres Kepulauan Meranti dan Polsek Tebingtinggi yang dipimpin Kabag Ops Kompol Joni Narta. Kemudian Satpol PP berjumlah 35 orang dan Dinas Perhubungan 40 orang.

Kemudian pada Kamis dini hari pukul 00.00 WIB tanggal 17 Agustus 2017, digelar Upacara Renungan Suci dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-72 di Taman Makam Pahlawan Selatpanjang.

Dalam pantauan merantionline.com, bertindak selaku Inspektur Upacara Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Meranti, H Fauzi Hasan SE, dengan Komandan Upacara Letda Laut (S) Pantja Hari S.

Hadir pada renungan suci itu, Kapolres AKBP Barliansyah SIK, Wakil Bupati Drs H Said Hasyim, Sekda Yulian Norwis SE MM, Danlanal diwakili Pasops Mayor Laut Okto Sahat Manurung, Dandim 0303 Bengkalis diwakili Pabung Mayor Hasan Ibrahim, Wakapolres Kompol DR Wawan SH MH, Danramil 02 Tebingtinggi Mayor Arm Bismi Tambunan SE, para Kepala OPD Pemkab dan Perwira Polres Kepulauan Meranti.

Saat upacara itu, seluruh peserta melakukan Penghormatan kepada arwah para pahlawan seiring Lampu-lampu disekitar Taman Makam Pahlawan dipadamkan, serta obor dikanan kiri Inspektur Upacara dinyalakan.

Setelah itu, Inspektur Upacara Ketua DPRD Kepulauan Meranti membacakan naskah apel penghormatan dan renungan suci yang dilanjutkan dengan mengheningkan cipta.

Setelah Lampu-lampu dan obor dinyalakan kembali, dilaksanakan doa bersama serta penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan.

Adapun pasukan upacara renungan suci terdiri dari 1 Pleton personel TNI AD, 1 Pleton Personel POLRI, 1 Pleton personel Satpol PP Pemkab Kepulauan Meranti dan 1 Pleton personel Dinas Perhubungan. (adv)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com