Wabup Kepulauan Meranti Serahkan SK Remisi Narapidana

Dibaca: 209 kali  Kamis,17 Agustus 2017 | 05:56:00 WIB

Wabup Kepulauan Meranti Serahkan SK Remisi Narapidana
Ket Foto : Wabup Kepulauan Meranti, Drs H Said Hasyim menyerahkan SK Remisi kepada warga binaan Cabang Rutan Bengkalis di Selatpanjang

SELATPANJANG - Usai mengikuti Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-72, Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Said Hasyim berkesempatan menyerahkan SK Remisi kepada Narapidana Cabang Rutan Bengkalis di Selatpanjang, Kamis 17 Agustus 2017.

Hadir pada acara itu Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Barliansyah SIK, Kajari Suwarjana SH, Sekretaris Daerah Yulian Norwis, Pabung Kodim 0303 Bengkalis Mayor Inf Hasan Ibrahim, perwakilan Lanal Dumai, Ketua MUI dan sejumlah Pejabat Pemkab Kepulauan Meranti.

Wakil Bupati Said Hasyim dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada warga binaan yang memperoleh remisi, serta mengapresiasi penampilan tarian seni yang ditampilkan langsung oleh para wanita warga binaan Cabang Rutan Selatpanjang.

"Itu adalah bukti pembinaan yang dapat melembutkan jiwa dan rasa sehingga mampu berkarya seni. Hal itu juga dapat mengubah perasaan yang mengarah pada perbuatan kriminal, sehingga saat kembali ke masyarakat dapat berintegrasi kembali," ujar Wabup.

Disampaikannya, HUT RI yang dirayakan di seluruh Indonesia termasuk di Kepulauan Meranti, harus dimaknai oleh warga binaan dengan komitmen memperbaiki diri. Dengan begitu kedepan dapat berbuat lebih baik lagi untuk tumpah darah Indonesia.

Ditambahkannya, pemberian remisi bukan semata merupakan suatu hak yang didapat dengan mudah dan bukan bentuk kelonggaran agar narapidana bisa bebas.

"Tapi merupakan sebuah kewajiban dari Kemenkum HAM untuk ikut melaksanakan program pembinaan, mengurangi dampak negatif dari lingkungan Rutan dan stimulan bagi warga binaan untuk terus memperbaiki diri," kata Wabup.

Menurutnya, pemberian remisi juga bertujuan untuk meringankan dampak psikis dan frustasi selama dalam penahanan, sekaligus mengurangi dampak kriminalitas dan kerusuhan yang kerap terjadi di dalam Rutan atau Lapas.

"Saya berharap semoga remisi ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menjalani kehidupan yang lebih baik lagi dimasa yang akan datang," ucap Wakil Bupati Said Hasyim. (rls/san)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com