Lomba Sampan Campang Meriahkan HUT RI Ke-72 di Alai

Dibaca: 387 kali  Senin,21 Agustus 2017 | 07:09:00 WIB

Lomba Sampan Campang Meriahkan HUT RI Ke-72 di Alai
Ket Foto : Lomba pacu sampan campang di Desa Alai, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kepulauan Meranti

TEBINGTINGGI BARAT - Berbagai perlombaan digelar masyarakat dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-72. Seperti di Desa Alai, Kecamatan Tebingtinggi Barat, digelar Lomba Pacu Sampan Campang, Senin 21 Agustus 2017.

Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Kepulauan Meranti, Drs H.T Akhrial berkesempatan membuka kegiatan itu, didampingi Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Ismail Arsyad, Camat Tebingtinggi Barat Helfandi, Kades Alai Ruslan dan unsur lainnya.

Pembukaan lomba pacu sampan tersebut ditandai dengan penyerahan campang sampan secara simbolis oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kepulauan Meranti kepada salah seorang peserta, dan hitungan pelepasan start yang ditandai suara tembakan pistol Bhabinkamtibmas Bripka Sutiman.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Ismail Arsyad menargetkan, kedepan kegiatan itu dapat berskala Provinsi Riau, sehingga dapat meningkatan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara ke Kepulauan Meranti.

"Kita akan lebih menyukseskan even ini tidak hanya di tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti, tetapi dapat menjadi even tahunan tingkat Provinsi," ucapnya.

Kepala Desa Alai, Ruslan menjelaskan, ide even lomba pacu sampan campang bermula ketika masyarakat nelayan pesisir sedang tidak menangkap ikan.

"Ketika tidak musim ikan, para nelayan mengisi waktu dengan menggelar pacu sampan. Lama kelamaan kegiatan ini menjadi tradisi di Desa Alai," ujarnya.

Diungkapkannya, tahun-tahun sebelumnya kegiatan itu diikuti peserta dari 14 desa, namun karena keterbatasan sampan, perlombaan tahun ini hanya diikuti peserta dari 3 desa. "Sebelas desa lainnya tidak bisa ikut karena sampannya sudah rusak," ungkapnya.

Kades Alai ini berharap, Pemerintah Daerah bisa serius memberikan dukungan bagi kelestarian lomba pacu sampan campang. "Karena dapat menjadi potensi wisata bahari," harapnya.

Kabid Pemuda dan Olahraga Disparpora, Rayan Pribadi mengungkapkan, keluar sebagai Juara 1 Tim Bahtera Merdeka Desa Alai, Juara 2 Tim Kempas Berendam Desa Alai dan Juara 3 Tim Lanon Desa Sialang Pasung, Kecamatan Rangsang Barat. (san)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com