Kadis LHK Kepulauan Meranti Periksa Tumpahan Minyak EMP

Dibaca: 472 kali  Jumat,25 Agustus 2017 | 07:19:00 WIB

Kadis LHK Kepulauan Meranti Periksa Tumpahan Minyak EMP
Ket Foto : Kadis LHK Kepulauan Meranti, Hendra Putra SIP MSi, saat meninjau tumpahan minyak PT EMP Malacca Strait SA di Kecamatan Merbau, Jumat 25 Agustus 2017

MERBAU - Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Kabupaten Kepulauan Meranti, Hendra Putra SIP MSi, memeriksa langsung tumpahan minyak dari bocornya sambungan pipa minyak milik PT. EMP Malacca Strait SA, di Kecamatan Merbau.

Saat peninjauan di lokasi MSJ-107 itu, Kepala Dinas masih mendapati sisa tumpahan minyak di lobang dekat sambungan pipa yang bocor, meskipun sebelumnya kebocoran pipa sudah ditangani oleh pihak perusahaan.

Melihat kondisi tersebut, Kadis LHK langsung memanggil pihak perusahaan di lapangan. Kadis meminta dilakukan pembersihan sisa minyak yang masih tersisa di lobang dekat sambungan pipa yang bocor, dan sisa tumpahan yang ada di sekitar lokasi.

"Alhamdulillah sudah teratasi dan dilakukan langkah-langkah penanggulangan oleh perusahaan. Limbah sisa minyak yang tumpah sudah ditempatkan di tempat penampungan limbah sementara," ungkapnya saat dikonfirmasi wartawan, Jumat 25 Agustus 2017.

Tumpahnya minyak dari kebocoran pipa minyak milik PT. Energi Mega Persada Malacca Strait SA itu, turut menjadi perhatian warganet. Melalui akun facebook Kepala Dinas LHK Hendra Meranti, disampaikan saran antisipasi dampak lingkungan.

"Jangan lupa cek air tanahnya bang, untuk antisipasi minyaknya nyebar sampe radius berapa," pesan akun Novi Gusman. Menanggapi itu, Kadis LHK mengungkapkan pihaknya juga melakukan pengecekan di tempat penampungan limbah B3.

Komentar lainnya juga datang dari akun facebook Rubi Adrian, yang meminta agar tanah yang sudah terkontaminasi minyak agar segera dikeruk dan diganti dengan tanah yang baru. (san)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com