Jelang Puncak Ibadah Haji, Gubri Sampaikan Pesan Ke Jamaah Riau

Dibaca: 497 kali  Senin,28 Agustus 2017 | 07:47:00 WIB

Jelang Puncak Ibadah Haji, Gubri Sampaikan Pesan Ke Jamaah Riau
Ket Foto : Mesjidil Haram di Kota Mekkah

PEKANBARU - Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman menyampaikan pesannya kepada seluruh Jemaah Haji Riau menjelang puncak ibadah haji tahun 2017 yang akan ditandai dengan wukuf di Padang Arafah, Mekkah.

"Pesan saya agar menjaga kondisi fisik menjelang momen penting tersebut. Wukuf di Arafah adalah syarat mutlak dari ibadah haji. Sedangkan prosesnya mulai dari wukuf, mabit di Muzdalifah hingga melontar jamarat membutuhkan fisik yang prima," ujarnya, kemarin.

Terlepas dari kesiapan fisik, Gubernur juga mengharapkan yang lebih penting lagi adalah kesiapan rohani dalam menyambut momen krusial yang mungkin hanya sempat dialami sekali seumur hidup.

"Siapkan diri masing-masing jemaah dengan perbekalan rohani yang mantap menjelang wukuf. Pahami hakikat wukuf itu sendiri dan timbulkan kesadaran dalam hati untuk apa sebenarnya kita jauh-jauh datang ke Tanah Suci dengan segala perjuangan yang sungguh berat," ucapnya.

Secara khusus, Andi Rachman juga menyampaikan ucapan duka cita yang sedalam-dalamnya kepada keluarga jemaah haji Riau yang wafat di Tanah Suci, baik di Madinah atau pun Mekkah. Sedangkan untuk jemaah yang sakit dan masih dirawat, dirinya mendoakan agar diberikan kesembuhan oleh Allah.

"Saya mendapatkan informasi sudah enam jemaah kita yang wafat di Tanah Suci. Saya berharap keluarga bisa ikhlas karena mereka yang wafat sudah mendapatkan yang terbaik karena meninggal di Tanah Suci saat perjalanan menunaikan ibadah haji. Mereka sudah menyambut panggilan Allah yang sesungguhnya," ungkapnya.

Terakhir, Gubernur berharap semua jemaah Riau bisa juga mendoakan keselamatan dan kesejahteraan untuk Provinsi Riau khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya. Dan harapan utama semua jemaah bisa menjalankan tahapan ibadah haji dengan sempurna.

"Kami doakan semoga semua jamaah kita mendapatkan haji yang mabrur dan bisa pulang ke Tanah Air dengan selamat," harapnya.

Sementara itu Asisten I Setda Provinsi Riau, Ahmad Syah Harrofie dari tanah suci Mekkah mengabarkan Mesjidil Haram sudah menyemut, jutaan kaum muslimin se-dunia siap melaksanakan haji-wukuf di Arafah Kamis 31 Agustus 2017, termasuk 5.800 jemaah dari Riau (Reguler dan Plus).

Dikatakannya, 5.800 JCH Provinsi Riau sudah berada di Mekkah, sedangkan 6 (Enam) orang diantaranya telah wafat, bagi mereka yang wafat akan dibadal hajikan.

"Yang wafat di Medinah Samidi Ciro Sentono (70 tahun) Sakit Jantung, Asal Kabupaten Siak, Risda Yami (48 tahun) Sakit Jantung, Asal Kabupaten Siak, Ilyas (64 tahun) Sesak Napas asal Kabupaten Inhil," ungkapnya.

Sedangkan Jemaah yang Wafat di Mekkah, yakni Syarfiddin (65 tahun) Sakit Paru2 Jamaah asal Kabupaten Inhu, Liana Samin (67 tahun) Sakit Jantung asal Kabupaten Kampar dan Hasan Basri (69 tahun) Menengitis asal Kabupaten Siak.

Diungkapkannya pula, persiapan wukuf - melontar terus dimantapkan termasuk kesiapan fisik - kesehatan jemaah. Semua harga seperti Taxi, makan-minum dan lainnya meningkat sesuai permintaan pasar, namun untuk cinderamata cendrung bertahan bahkan ada yang turun. (red)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com