6 Tenaga Nusantara Sehat Kemenkes RI Bertugas di UPT Puskesmas Bandul

Dibaca: 312 kali  Kamis,31 Agustus 2017 | 12:21:00 WIB

6 Tenaga Nusantara Sehat Kemenkes RI Bertugas di UPT Puskesmas Bandul
Ket Foto : Acara serah terima Tim Nusantara Sehat (NS) Kementerian Kesehatan RI periode II Tahun 2017.

SELATPANJANG - Bupati Kepulauan Meranti yang diwakili Asisten II Setda Kepulauan Meranti, Ir H Anwar Zainal menerima kedatangan tenaga Nusantara Sehat (NS) Kementerian Kesehatan RI periode II Tahun 2017, di Aula Hotel Indo Baru, Selasa 29 Agustus 2017 kemarin.

Serah terima tenaga NS Kemenkes RI ini merupakan tindak lanjut dari MoU antara Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi dengan Sekjen Kemenkes RI, dr Untung Suseno Sutarjo tentang penugasan Tim Nusantara Sehat angkatan II Tahun 2017, di Jakarta belum lama ini.

Dengan telah dilakukannya serah terima tenaga Nusantara Sehat itu, maka 6 tenaga kesehatan dari Kementerian Kesehatan RI siap bertugas memberikan pelayanan kesehatan di Kepulauan Meranti, tepatnya di UPT Puskesmas Desa Bandul, Kecamatan Tasik Putri Puyu.

Adapun 6 tenaga kesehatan dari Tim Nusantara Sehat Kemenkes RI yang ditugaskan di Kepulauan Meranti, yakni 1 orang dokter Gigi, 1 Perawat, 1 Bidan, 1 Analis Kesehatan dan Laboratorium, 1 Ahli Kesehatan Lingkungan dan 1 Ahli Kesehatan Masyarakat.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti, dr Ria mengatakan, keberadaan tenaga NS itu dalam rangka penguatan derajat kesehatan primer masyarakat, melalui pemenuhan tenaga kesehatan, khususnya di daerah tertinggal, terisolir serta perbatasan.

"Selain memberikan pelayanan kesehatan, mereka juga bertugas melakukan upaya Promotif dan Preventif melalui pemberdayaan masyarakat," ujarnya, melalui rilis Bagian Humas Setda Kepulauan Meranti, yang diterima redaksi merantionline.com, Rabu 30 Agustus 2017.

Dikatakannya, Kepulauan Meranti sebagai sebuah Kabupaten baru, masih memiliki keterbatasan dalam berbagai hal, salah satunya ketersediaan tenaga kesehatan. Dinas Kesehatan sebagai leading sektor peningkatan derajat kesehatan masyarakat terus berupaya mengatasi itu.

Awalnya, kata dr Ria, Diskes Kepulauan Meranti mengusulkan 2 Tim NS untuk mengisi UPT Puskesmas Kedabu Rapat dan UPT Puskesmas Bandul, namun setelah dilakukan peninjauan dan evaluasi, akhirnya disetujui penurunan 1 Tim NS di UPT Puskesmas Bandul.

"Awalnya Juni 2017 lalu kami mengusulkan Tim NS untuk 2 UPT Puskesmas, namun ternyata hanya dapat 1 Tim yang akan bertugas di UPT Puskesmas Bandul, Kecamatan Tasik Putri Puyu. Sebelumnya, tahun 2015 lalu Tim NS angkatan I telah ditugaskan di UPT Puskesmas Rangsang," jelasnya.

Sementara itu Asisten II Setda Kepulauan Meranti, Ir H Anwar Zainal mengharapkan, dengan keberadaan Tim NS ini pelayanan kesehatan di Kepulauan Meranti dapat lebih baik dan terintegrasi, sehingga derajat kesehatan masyarakat meningkat.

Oleh karenanya, Asisten meminta Tim NS dapat menciptakan program baru dan berkreasi dalam memberikan pelayanan kesehatan, sehingga pemenuhan standar kesehatan minimal yang menjadi salah sagu indikator kinerja Pemda berjalan dengan baik.

Dikatakannya, Pemda Kepulauan Meranti juga berjanji sesuai dengan komitmen akan mengawasi dan membimbing Tim NS Kemenkes RI dalam menjalankan tugas dan pengabdiannya di daerah pelosok Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Kita akan mengawasi dan membimbing Tim NS semoga dapat berkiprah dan memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat," kata Anwar Zainal.

Hal senada juga diharapkan oleh dr Budi mewakili pihak Kemenkes RI, agar Pemda Kepulauan Meranti dapat mengawasi dan membimbing Tim NS dalam melaksanakan tugas sesuai bidang masing-masing.

"Sehingga program Kemenkes RI dalam rangka pemenuhan tenaga kesehatan untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat di seluruh Indonesia dapat berjalan dengan baik," ucapnya.

Sementara itu, Mujiono Pambudi perwakilan dari Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan RI mengatakan, beban anggaran untuk penugasan Tim NS Kemenkes RI sangat besar.

"Untuk itu kita harapkan Tim NS dapat melaksanakan tugas dengan baik dan dapat bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Kepulauan Meranti," harapnya. (rls/san)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com