Camat Helfandi Ingin Wujudkan Sekolah Adiwiyata

Dibaca: 521 kali  Kamis,31 Agustus 2017 | 02:05:00 WIB

Camat Helfandi Ingin Wujudkan Sekolah Adiwiyata
Ket Foto : Camat Tebingtinggi Barat, Helfandi SE MSi memberikan arahan saat peninjauan

TEBINGTINGGI BARAT - Pemerintah Kecamatan Tebingtinggi Barat dibawah kepemimpinan Camat Helfandi SE MSi, ingin mewujudkan Sekolah Adiwiyata. Upaya itu dilakukan bersama dengan UPT Puskesmas Alai dan UPT Dinas Pendidikan Kebudayaan serta KNPI Tebingtinggi Barat.

Guna persiapan program itu, Rabu 30 Agustus 2017 dilakukan peninjauan ke SD Negeri 9 Alai Selatan dan SD Negeri 13 Gogok Darussalam, yang akan dibina menuju Sekolah Sehat dan Model Sekolah Berwawasan Lingkungan (Green School) menuju Sekolah Adiwiyata.

"Kegiatan ini merupakan inisiasi bersama Pemerintah Kecamatan, UPT Puskesmas Alai dan UPT Dinas Dikbud. Bagaimana kita mempersiapkan Sekolah Sehat dan Sekolah Berwawasan Lingkungan atau Green School menuju Sekolah Adiwiyata," ungkap Camat Helfandi.

Ditargetkannya, dalam tiga bulan kedepan sudah mulai dilakukan pembinaan, tidak hanya di dua Sekolah Dasar itu, namun juga ke setiap sekolah tingkat SD, SMP dan SMA, dimana desanya akan dikelompokkan atau dikategorikan.

"Hari ini kita hanya melakukan kunjungan di dua sekolah saja, namun nantinya pembinaan akan kita coba di tiap sekolah, atau minimal 1 desa 1 sekolah," ujar Camat.

Untuk pembinaan tersebut, jelas Helfandi, akan dilibatkan semua stakeholder terkait di tingkat Kecamatan, mulai dari Pemerintah Kecamatan, UPT Puskesmas, UPT Dinas Dikbud, UPT Dinas Dukcapil, Pustaka, Polsek, KUA, Babinsa, Kepala Desa, PKK dan DPK KNPI.

"Tentunya yang utama adalah peran pihak Sekolah dan Wali Murid, termasuk kita minta juga bimbingan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Kepulauan Meranti, karena di tingkat kecamatan tidak ada UPTD-nya," jelasnya.

Untuk itu, lanjut Helfandi, direncanakan setelah Hari Raya Idul Adha akan digelar rapat bersama. Setelah dilakukan pembinaan minimal selama 3 bulan, selanjutnya seluruh sekolah yang dibina akan dievaluasi dan juga dilombakan.

"Endingnya kita sudah punya data base terhadap Sekolah Sehat dan Sekolah Berwawasan Lingkungan atau Green School di Kecamatan Tebingtinggi Barat. Jika nanti ada lomba tingkat Kabupaten, Provinsi, bahkan Nasional, kita sudah ada dan siap," pungkasnya. (rls/san)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com