Komisi B DPRD Meranti Ikuti Dialog Komisi IV DPR RI Bersama Masyarakat

Dibaca: 312 kali  Rabu,20 September 2017 | 10:43:00 WIB

Komisi B DPRD Meranti Ikuti Dialog Komisi IV DPR RI Bersama Masyarakat
Ket Foto : Komisi B DPRD Kepulauan Meranti mengikuti dialog Komisi IV DPR RI dengan Gapoktan di Rangsang Barat

RANGSANG BARAT - Kunjungan kerja anggota Komisi IV DPR RI bersama Dirjen Perkebunan dan Direktur Irigasi Pertanian ke Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, diharapkan membuahkan dukungan program APBN bagi kemajuan sektor pertanian dan perkebunan di daerah ini.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, Selasa 19 September dan Rabu 20 September 2017 itu, di isi dengan peninjauan langsung ke areal persawahan di Kecamatan Rangsang Barat serta dialog dengan masyarakat, khususnya Gapoktan Desa Segomeng, Bina Maju dan Sungai Cina.

Rombongan Komisi IV DPR RI yang membidangi Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Kelautan, Perikanan dan Pangan ini, dipimpin anggota Komisi IV, Ir. Effendy Sianipar, bersama Dirjen Perkebunan, Ir. Bambang, MM dan Direktur Irigasi Pertanian, Ir. Tunggul Iman Panudju, MSc.

Saat peninjauan di lapangan, rombongan didampingi Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, Yulian Norwis, SE, MM bersama Ketua Komisi B DPRD Kepulauan Meranti, Darwin Susandy, serta anggota DPRD lainnya, Azni Syafri dan Asmawi.

Sekda saat menjadi moderator dialog dengan Gapoktan mengungkapkan, sebagaimana data laporan yang diterima, bahwa panen komoditi pertanian di Kepulauan Meranti mengalami peningkatan, hal itu tidak terlepas dari dukungan pemerintah pusat pada sektor pertanian.

Namun demikian, hingga saat ini masih banyak masalah pertanian yang dihadapi Kabupaten Kepulauan Meranti, Khususnya di Kecamatan Rangsang Barat, dimana harga gabah program nasional dinilai lebih murah dari harga pasaran.

"Mahalnya harga gabah itu karena biaya transportasi yang mahal di daerah ini, sawah disini juga hanyalah sawah tadah hujan yang hanya bisa panen setahun sekali, disamping masalah abrasi yang cukup parah dan tanggul air laut yang belum memadai," ungkap Sekda.

Sekda berharap, kunjungan kerja Komisi IV DPR RI bersama Dirjen Perkebunan dan Direktur Irigasi Pertanian ini, dapat membuahkan dukungan program maksimal kedepannya, bagi kemajuan usaha petani di Kecamatan Rangsang Barat dan Rangsang Pesisir, Kepulauan Meranti.

"Dua kecamatan ini merupakan areal sentra sawah di Kepulauan Meranti dengan luas 3000 hektar, disamping juga memiliki areal perkebunan kopi seluas 1000 hektar, satu satunya kopi dataran rendah berjenis liberika," jelasnya.

Pimpinan rombongan Komisi IV DPR RI, Ir. Effendy Sianipar mengatakan, rombongan terdiri dari beberapa anggota fraksi partai politik. Kunjungan itu dilakukan sesuai dengan fungsi DPR, yaitu fungsi pengawasan dan anggaran pada masa sidang pertama tahun 2017.

"Tujuannya untuk menyerap aspirasi serta melihat perkembangan yang telah dilaksanakan dan sedang di rencanakan di lapangan. Untuk itu kunjungan ini sangat strategis, karena apapun yang menjadi ganjalan di didiskusikan langsung dan akan dibahas di pusat," ujarnya.

Objek utama dalam kunjungan ini, jelasnya, adalah komoditi Pertanian dan Perkebunan Sagu yang akan ditinjau pada hari ke dua. Untuk itu, beberapa hal yang menyangkut dengan kebijakan daerah agar dapat dikoordinasikan dengan pemerintah daerah Kabupaten atau Provinsi. (adv)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com