Ketua DPRD Meranti Hadiri Ramah Tamah Bersama Komisi IV DPR RI

Dibaca: 353 kali  Rabu,20 September 2017 | 10:25:00 WIB

Ketua DPRD Meranti Hadiri Ramah Tamah Bersama Komisi IV DPR RI
Ket Foto : Jamuan makan malam Forkopimda Kepulauan Meranti bersama rombongan kunker Komisi IV DPR RI

SELATPANJANG - Pertemuan ramah tamah unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kepulauan Meranti dengan rombongan kunjungan kerja Komisi IV DPR RI berlangsung akrab di Hotel Grand Indobaru, Jalan Diponegoro, Selatpanjang, Selasa malam 19 September 2017.

Hadir dalam ramah tamah bersama rombongan kunker melihat kondisi sektor pertanian dan perkebunan Kepulauan Meranti itu, Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, Ketua DPRD, H. Fauzi Hasan, SE, Wakapolres Kompol DR. Wawan, SH, MH serta unsur instansi lainnya.

Ketua rombongan Komisi IV DPR RI, Ir. Effendy Sianipar dalam sambutannya mengatakan, kunjungan kerja Komisi IV DPR RI bersama Dirjen Perkebunan dan Direktur Irigasi Pertanian ke Kabupaten Kepulauan Meranti, bertepatan dengan masa sidang pertama tahun 2017.

"Kunker ke Kepulauan Meranti ini dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan dan kebijakan, serta dalam rangka monitoring pengawasan," kata Effendy Sianipar.

Menurutnya, pangan merupakan kebutuhan bagi warga negara yang perlu di jamin. Hal itu sesuai dengan amanat yang tertuang dalam Undang-undang Pangan Tahun 2014.

"Ketahanan pangan baik kualitas maupun kuantitas, serta keterjangkauan pangan dari suatu daerah ke daerah lainnya, adalah bagian perhatian kerja pemerintah. Juga termasuk ketersediaan, terjangkaunya harga dan kelancaran distribusinya," ujarnya.

Komisi IV DPR RI menilai, Sagu di Kepulauan Meranti masih belum dikelola secara maksimal, padahal Sagu adalah salah satu alternatif pangan pengganti beras.

"Kita akan dorong ini di tingkat pusat bagaimana agar produksi sagu serta pengelolaannya lebih baik dan maksimal," janjinya.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi menyampaikan, bahwa selama ini Kabupaten Kepulauan Meranti masih termarjinalkan.  Diharapkan dengan kunjungan kerja anggota DPR RI ini dapat membantu penyelesaian masalah Kepulauan Meranti di tingkat pusat.

"Setidaknya tolonglah ingat-ingat dan kenang-kenang Meranti di tingkat pusat, sehingga bantuan yang dikucurkan dari pusat dapat menyegerakan percepatan pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat Meranti," kata Bupati Irwan.

Sedangkan Ketua DPRD Kepulauan Meranti, H. Fauzi Hasan, SE memberikan apresiasi terhadap kunjungan kerja Komisi IV DPR RI. Menurutnya, kegiatan itu memberikan harapan bagi kemajuan pembangunan sektor pertanian dan perkebunan di daerah kepulauan ini.

"Ini suatu harapan yang besar bagi masyarakat dan daerah Meranti. Kunker ini tentunya diharapkan akan berdampak kepada peningkatan kesejahteraan petani dan meningkatkan produksi beras. Perhatian kawasan pesisir termasuk bagian nawacita," kata Fauzi.

Menurut Fauzi, Kepulauan Meranti memiliki potensi besar untuk ambil andil dalam ketahanan pangan nasional, hanya saja letak geografis daerah ini yang terdiri dari pulau-pulau, lokasi persawahannya sangat rentan dimasuki air pasang laut.

"Disinilah peran pemerintah yang kita harapkan untuk mengalokasikan bantuan bagi daerah Kepulauan Meranti. Dukungan legislator pusat ini tentunya akan berperan penting dalam menggelontorkan dana APBN melalui Kementan RI," harap Fauzi. (adv)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com